Dubes Inggris Dukung Papua dalam NKRI

Bagikan Bagikan

Dubes Inggris, mengunjungi Prov. Papua dan Papua Barat

 SAPA (SORONG) - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengunjungi Provinsi Papua dan Papua Barat yang diawali dari Kota Sorong, Rabu (15/11).

Terkait isu Papua Merdeka, Moazzam Malik dengan tegas menyatakan, Pemerintah Inggris tetap mendukung penuh integritas wilayah serta kedaulatan NKRI. Inggris mendukung penuh integritas wilayah serta kedaulatan NKRI.

“Kami memandang Papua sebagai bagian penting dari Indonesia. Kami juga mendukung upaya-upaya pemerintah Indonesia dan masyarakat madani dalam mengatasi tantangan-tantangan di Papua dan berharap provinsi ini bisa menikmati stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan,” tegas Moazzam Malik.

Berkunjung di Kota Sorong, Dubes meninjau sejumlah sarana program CSR perusahaan Inggris LNG Tangguh yakni Toko Subitu Kreasi Busana dan sentral service AC di Jalan Ahmad Yani, Sorong.
Dubes juga mengunjungi beberapa kawasan hutan konservasi di wilayah Sorong untuk mendukung program pemerintah dalam melestarikan kawasan hutan di Papua Barat.

Dubes Moazzam Malik mengatakan, tahun lalu dia berkunjung ke perusahaan BP LNG Tangguh di Bintuni dan mendapat laporan bahwa perusahaan Inggris tersebut membangun fasilitas di Sorong untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat Papua.
Karena itu, kata dia, kunjungan ke Sorong ini untuk melihat fasilitas yang dibangun oleh perusahaan BP LNG Tangguh tersebut dan ternyata sangat maju dan memberikan manfaat yang positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, BP LNG Tangguh adalah perusahaan bisnis terbesar yang beroperasi di Papua Barat yang program CSR perusahan berjalan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Ia menyampaikan , kunjungan ini juga untuk melihat proyek-proyek kelestarian hutan di wilayah Sorong Papua Barat guna mendukung pemerintah melestarikan sumber daya alam Papua.

"Saya juga akan mengelilingi Kota Sorong melihat kemajuan infrastruktur pembangunan sehingga ke depan akan mendorong investor Inggris untuk berbisnis di Papua guna memajukan perekonomian masyarakat setempat," ungkapnya.

Moazzam  juga mengatakan, sangat senang sekali dapat berkunjung kembali ke Papua. Ini merupakan kunjungannya yang ketiga kalinya sejak menjabat sebagai Dubes Inggris untuk Indonesia.
"Senang sekali bisa kembali berkunjung ke Papua. Tujuan saya kesini adalah untuk berdiskusi tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama termasuk perubahan iklim, pendidikan dan pembangunan. 

Saya juga sangat tertarik untuk kembali ke UNIPA mendorong mahasiswa Papua mempertimbangkan sekolah ke Inggris, termasuk melalui skema beasiswa Inggris, Chevening," kata Moazzam.

Sesuai dengan jadwal Dubes Moazzam Malik melanjutkan kunjungan Manokwari dan Jayapura untuk bertemu dengan para mitra, pemangku kepentingan, pelaku bisnis, masyarakat madani dan akademisi. (Ant/***)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment