Hentikan Perang Antar Kubu

Bagikan Bagikan


Ketua DPRD Mimika serukan hentikan pertikaian
SAPA ( TIMIKA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupten Mimika, Elminus B Mom menghimbau kepada tiga kubu,  yaitu kubu atas, tengah dan bawah yang sedang bertikai di Kwamki Narama  segera menghentikan perang. Dampak dari perang,  masa depan anak-anak akan terganggu dan perekonomian di daerah ini bisa lumpuh.

“Kalau bisa masyarakat yang bertikai harus perhatikan anak-anak yang ingin sekolah. Karena anak-anak ini adalah generasi masa depan untuk bangun daerah dan bangsa ini," katanya  kepada wartawan seusai kunjungan di Kwamki Lama, di DPRD Mimika, Rabu (15/11).

Menurut Elminus wilayah Kwamki Narama sudah tidak asing lagi dengan konflik perang.  Masyarakat di Timika sudah mengetahui kalau di Kwamki itu tempat perang.  "Masyarakat sebenarnya tidak mau berperang, karena masyarakat inginkan kedamaian dan pembangunan seperti wilayah lain. Kalau begini terus bagaimana nasib  masa depan anak-anak," katanya.

Dia  meminta kepada pihak yang bertikai  tidak menghalang-halangi fasilitas umum lainnya seperti jalan raya tidak boleh dihambat. Apabila itu terjadi sejumlah pelayanan kepada masyarakat di Kwamki Narama akan lumpuh. Kantor distrik juga tutup. Hal ini sangat merugikan masyarakat sendiri.

"Kalau mau perang itu sudah ada medannya, jangan menghambat akses jalan raya. Kasihan kalau sampai halang-halangi, baru mama-mama mau pergi  ke pasar atau menjual bagaimana. Mereka kan pergi untuk cari kebutuhan dalam keluarga. Jadi mari kita gandeng tangan bangun wilayah ini," pintanya.

Dari pantuan Salam Papua di 3 Kampung yang bertikai, sejumlah kantor pelayanan bagi masyarakat seperti Puskesmas, Kantor Distrik tutup. Tidak tampak ada kegiatan. Pintu pagar masuk pun tertutup rapat.

Perang yang terjadi di Kwamki Narama sudah berlangsung beberapa hari. Korban dari perang itu sudah menelan satu korban jiwa dari kampung tengah. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment