Humas Papua Gelar Rakorda dan Bimtek Pembawa Acara

Bagikan Bagikan



Kabag Humas dan Protokol Provinsi Papua, Gilbert R Jakwar S.STP

SAPA (TIMIKA) – Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Provinsi Papua menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pembawa acara bagi Kepala Bagian (Kabag), Kasubag Humas dan Protokol se-Provinsi Papua di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso Timika, Jumat (10/11).

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Provinsi Papua, Gilbert R Jakwar S.STP mengatakan, kegiatan hari ini menindaklanjuti kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 6/11 di Kantor Gubernur Papua di Jayapura.

"Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang kemarin di Jayapura dan Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan bimbingan teknis kali ini," katanya.
Ia menjelaskan, kegiatan Bimtek ini diselenggarakan setiap tahun untuk 29 kabupaten/kota.  Saat ini Mimika sebagai tuan rumah yang diikuti oleh 29 kepala bagian dan staf pembawa acara di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Papua.

Kegiatan ini bertujuan agar pembawa acara dapat meningkatkan kapasitas serta kualitas bagaimana menjadi pembawa acara atau master of ceremony (MC) dalam sebuah kegiatan.
"Dalam pelatihan hari ini kita menjelaskan bagaimana langkah - langkah yang mesti dilakukan oleh seorang pembawa acara," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan narasumber dari Sekretariat Presiden RI sebagai pemateri. Sehingga diharapkan para peserta dapat dengan mudah mengikuti Bimtek ini.
"Etika berkomunikasi sebagai pembawa acara yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang yang sering menjadi pembawa acara. Narasumber yang kita datangkan dari Jakarta diharapkan dapat memberi dampak kepada peserta untuk menjadi pembawa acara atau protokoler yang handal," jelasnya.

Menurut Dia, untuk saat ini di Kabupaten Mimika yang menjadi pembawa acara memang sudah memiliki potensi atau karakter tersendiri. Hanya saja bagaimana belajar lagi sesuai dengan mekanisme yang ada menjadi seorang protokoler agar bisa tampil maksimal dalam setiap kali membawa acara.

"Kalau target kita agar seluruh pembawa acara untuk 29 Kasubag kabupaten/kota dapat seragam saat membawa acara pada setiap kegiatan. Untuk di Timika sendiri sesuai dengan karakter bahasanya akan mempunyai ciri khas dalam membawa acara nantinya. Namun, secara umum harus menguasai teknik dasarnya," ujarnya. (Tomy)




Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment