HUT ke 71, POMAU Siap Dukung Pelaksanaan Tugas TNI AU

Bagikan Bagikan

Danlanud Timika memimpin Upacara HUT POMAU ke 71.


SAPA (TIMIKA) - Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) menggelar upacara peringatan hari jadinya yang ke 71 di lapangan apel I Markas Komando (Mako) Pangkalan Udara (Lanud) Timika, Jalan Ahmad Yani. Dalam peringatan hari jadinya, Pomau siap mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, hal itu disampaikan Komandan Lanud (Danlanud) Timika, Letkol (Pnb) Meiko Datau saat membacakan arahan Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Rabu (1/11).

“Di usia yang ke 71 tahun ini, Polisi Militer Angkatan Udara telah menunjukkan eksistensi dan prestasi yang cukup membanggakan dalam berbagai pelaksanaan tugas penegakan hukum di lingkungan Angkatan Udara,” katanya.

Selanjutnya, prajurit Pomau harus dan senantiasa menjadi contoh serta tauladan bagi seluruh personel TNI AU dimanapun ditempatkan, dengan tidak membuat pelanggaran sekecil apapun, baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

"Sejalan dengan dinamika tantangan tugas yang berkembang begitu cepat, insan prajurit Pomau, hendaknya tertanam jiwa untuk senantiasa mematuhi hukum dan aturan yang berlaku serta menegakkan tata tertib dalam kehidupan keprajuritan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, prajurit Pomau harus dapat bertindak secara independen atau mandiri dalam melaksanakan proses penegakkan hukum, dengan mengedepankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) yang dapat merusak citra Pomau selaku penegak hukum.

"Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut, prajurit Pomau harus berdedikasi, memiliki kredibilitas, serta profesional," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Pomau Lanud Timika, Agung Setio Darmawan mengatakan, setiap pembacaan lintasan sejarah dalam upacara peringatan HUT Pomau, hendaknya tidak dijadikan sebagai sebuah seremonial yang diatur dalam kerangka upacara peringatan. Akan tetapi hal tersebut dapat dimaknai sebagai salah satu upaya untuk selalu mengingat para sesepuh, senior, pelopor dan putra putri terbaik TNI AU atas pengabdian dan jasa-jasanya demi kejayaan bangsa dan negara.

"Disamping itu, peringatan ini perlu kita jadikan sebagai instropeksi, apakah TNI AU saat ini telah mampu memainkan peran, tugas dan fungsinya sebagai penjaga kedaulatan negara di udara," katanya saat ditemui seusai syukuran HUT 71 Pomau.

Dalam peringatan HUT ke 71 Pomau, Kasau Hadi Tjahjanto bersama dengan segenap prajurit TNI AU menyatukan tekad bersama dalam melaksanakan tugasnya yang tertuang dalam tema peringatan HUT TNI tahun ini, yaitu “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, loyal dan Profesional, TNI Angkatan Udara bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Tema tersebut memiliki dua sudut pandang, yaitu untuk TNI AU sebagai instropeksi dan untuk kesejahteraan rakyat, dengan mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Selesai pelaksanaan upacara tersebut, dilanjutkan acara syukuran dengan pemotongan tumpeng dan acara ramah tamah oleh segenap perwira, bintara tamtama dan aparat sipil negara yang berlangsung dengan tertib dan lancar di gedung Wira AU. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment