Inspektorat Periksa LPJ ADD, DD dan Dana Stimulan

Bagikan Bagikan



Inspektorat Kab. Mimika  mengadakan pemeriksaan LPJ

SAPA (TIMIKA) - Inspektorat Kabupaten Mimika  mengadakan pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD)  dan dana stimulan tahun anggaran  2016 di Distrik Mimika Timur (Miktim), Jumat (10/11).

Tim melakukan pemeriksaan pelaporan ADD, DD dan dana stimulan di 5 kampung yang ada di distrik Mimika Timur yakni Kaugapu, Mware, Iripao, Poumako dan Tipuka. Dalam pelaksanaaan kegiatan semua kepala kampung menyerahkan laporan pertanggungjawaban untuk program yang sudah dijalankan pada  tahun lalu.

"Penggunaan ADD, DD dan stimulan harus dibuat LPJ nya. Laporan ini lah yang di periksa oleh Tim dari Inspektorat. Seperti apa laporannya terkait penggunaan dana dana tersebut," kata Kepala Distrik Miktim, Marikke H. Warinussy.

Ia menjelaskan Kepala kampung  harus bertanggung jawab terhadap laporan yang dibuatnya. Program-program kampung harus berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Karena program yang ada harus sesuai dengan yang tertera dalam rancangan belanja yang sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

" Kepala kampung tidak bisa jalan sendiri tanpa melibatkan masyarakat setempat. RAB sudah ada dalam program setiap kampung," ujarnya.

Ia mengimbau  kepada masyarakat agar tidak menyalahgunakan  alokasi dana kampung di Distrik Miktim untuk tahun anggaran berikutnya. Apabila ditemukan ada kampung yang tidak menjalankan program -progam kampung sesuai dengan apa yang telah terterah di dalam RAB maka maka ia akan meminta pertanggungjawaban dari para kepala kampong tersebut.

"Kita harapkan jangan ada penyalahgunaan dana yang ada. Apabila ditemukan maka akan ditindak tegas," katanya.

Kegiatan ini dihadiri kepala kampung dan aparat kampung dari lima kampung yang ada di distrik Mimika Timur. Pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh di kantor Inspektorat Kabupaten Mimika. (Tomy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment