Kace Akan Dipindahkan Ke Lapas Jayapura

Bagikan Bagikan


Kasat Reskrim Polres Mimika, Dion VDP Helan
SAPA (TIMIKA) - Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Vox Dei Paron Helan, S. IK mengatakan, dirinya akan meminta petunjuk dari Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon untuk memindahkan Kace raja Pencuri Kendaraan Bermotor (Curanmor) serta Pencurian dengan Kekerasan (Curas) ke Lapas Jayapura, sehingga yang bersangkutan tidak mengulangi perbuatannya.

“Kalau Kace ini saat ini kita masih taruh dia di tahanan Miru, karena dia sering kabur dari Lapas,” kata Kasat saat ditemui wartawan Salam Papua di ruang kerjanya di Sentra Pelayanan Polres Mimika, Senin (27/11).

Terkait dengan maraknya pencurian bermotor akhir-akhir ini, Kasat menjelaskan, akan melakukan penyelidikan dari Laporan Polisi (LP) yang diterima dari warga yang mengalami tindak criminal pencurian bermotor di Polsek Miru serta SKPKT Polres Mimika untuk melakukan pengembangan. Kemungkinan besar pelakunya ialah yang bersangkutan.

“Pihak Lapas kecolongan terus. Memang dia menjalani kasus pertama tapi tetap kita akan kumpulkan LP setelah bebas baru kita proses hukum lagi,” tegas Kasat.

Sebab menurut Kasat, semenjak yang bersangkutan ditahan di Lapas kelas IIb Timika, ia sering kabur dari Lapas, membuat Ratting Curanmor di Timika alami peningkatan sebesar 10%. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan pengembangan terhadap kasus Curanmor di Timika. Selain itu berdasarkam keterangan korban-korban yang melaporkan kasus pencurian bermotor, waktu untuk melancarkan aksinya berkisar antara jam 10 malam hingga dini hari.

“Kita masih lidik kembali kemungkinan Kace. Karena semenjak Kace kami titipkan ke lapas dan kabur kenaikan curanmor melonjak sampai 10% dan kejadiannya mulai jam 10 malam sampai jam 4 pagi,” terangnya.

Ia menambahkan, seringkali tahanan kabur dari Lapas. Kata Kasat, dirinya akan meminta petunjuk dari Kapolres untuk mengirim yang bersangkutan ke Lapas Jayapura agar tidak terjadi lagi tahanan kabur. Sebab Lapas di Jayapura memiliki maksimum security yang memadai standar.

“Nanti saya akan koordinasi dengan Kapolres supaya Kace dipindahkan ke Lapas Jayapura,” kata Kasat. (Ricky Lodar).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment