KKB Diduga Membakar Kendaraan Operasional Freeport di Grasberg

Bagikan Bagikan
ilustrasi kendaraan haul truck 739
SAPA (TIMIKA) - Satu unit kendaraan operasional berat jenis haul truck 793, milik PT Freeport Indonesia (PTFI), di duga telah di bakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Lower Wanagon, Grasberg, Tembagapura, Sabtu (18/11) sekira pukul 06.00 WIT.

Data yang di terima Salam Papua dari Humas Polda Papua menjelaskan, KKB yang diduga melakukan aksi itu sebelumnya sempat melepas beberapa kali tembakan dilokasi kejadian. Tidak lama berselang, terlihat kepulan asap di susul api yang membakar kendaraan haul truck.

Diperkirakan pelaku pembakaran berjumlah kurang lebih 10 orang yang kesal pasca di pukul mundur pasukan TNI-Polri pagi kemarin, Jumat (17/11) di lokasi Banti, Utikini dan Kimbeli yang sempat mereka kuasai.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, SH mengatakan, pihak Kepolisian kini telah melakukan langkah yang salah satunya olah tempat kejadian perkara (TKP) serta meminta keterangan dari beberapa karyawan yang berada di lokasi kejadian, dan melakukan pengejaran terhadap KKB.

"Kami sudah lakukan olah TKP dan meminta keterangan orang yang berada di TKP," kata Kamal saat melakukan jumpa pers di ruang media centre Rimba Papua Hotel, Sabtu pagi.

Saat terjadi penembakan dan dilanjutkan pembakaran kendaraan jenis haul truck, karyawan yang bekerja sempat melihat aksi tersebut namun tidak dapat berbuat banyak.

"Ada karyawan yang melihat, tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa," kata Kamal.


Sejauh ini, pihak Kepolisian masih terus melakukan pengejaran terjadap pelaku pembakaran. Personel dari Brimob telah ditempatkan dilokasi kejadian untuk melakukan pengamanan. "Kami sudah tempatkan personel Brimob disana," ujarnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment