KPUD Mimika Gelar Jalan Santai Sadar Pemilu

Bagikan Bagikan
Jalan santai sadar pemilu.
SAPA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika, Selasa (31/10) menggelar kegiatan gerak jalan santai. Gerak jalan santai dilakukan sebagai pertanda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mimika, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua akan dilaksanakan secara serentak bersama daerah lain. Sekaligus dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 di Kabupaten Mimika.

Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal, SKm meminta kerjasama dengan seluruh masyarakat dan stackholder agar dapat bersama KPUD menyukseskan agenda Pilkada, baik untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika maupun Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

“Kegiatan ini sebagai tanda Pilkada serentak sudah akan dimulai. Jadi dengan adanya jalan santai ini maka, kita memberitahukan kepada masyarakat bahwa Pilkada serentak sudah akan di mulai," katanya.

Selain itu, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika beserta tokoh masyarakat juga diminta untuk ikut membantu KPUD menyelenggarakan pesta demokrasi dengan aman dan damai.

"Karena hal ini merupakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin lima tahun kedepan, dan masa depan Kabupaten Mimika ditentukan oleh masyarakat Mimika sendiri, dengan ikut serta dalam pesta demokrasi nantinya," katanya.

Lebih lanjut, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan agenda yang sama yaitu jalan santai. Sesuai agenda, harusnya jalan santai dilaksanakan pada hari Minggu (29/10) kemarin. Namun, karena bertepatan pada hari ibadah, maka diundur pada hari Selasa kemarin.

"Hari minggu biasanya masyarakat pergi beribadah, sehingga kita undur menjadi hari Selasa. Selama ini KPUD masih sibuk dengan perekrutan Panitia Pemungutan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” terangnya.


Jalan santai ini diikuti oleh perwakilan dari 12 partai politik (Parpol), lembaga swadaya masyarakat (LSM), perwakilan dari pemerintah, stakeholder dan masyarakat. Rute jalan santai ini melalui mulai dari Kantor KPUD Mimika di Jalan Yos Sudarso menuju Jalan Cenderawasih, masuk ke Jalan Belibis, dan kembali ke Jalan Yos Sudarso menuju Kantor KPUD. Usai melakukan jalan santai, KPUD juga mengadakan doorprize membagikan hadiah kepada peserta jalan santai. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment