Lakukan Reses, Warga SP2 Punya Segudang Permintaan

Bagikan Bagikan
Anggota DPRD Mimika Antonius K, reses kerja di Dapil II 
SAPA (TIMIKA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Antonius Kemong S.IK melakukan reses kerja di Daerah Pemilihan (Dapil) II di kampung selamat datang jalan Cenderawasih Sabtu (25/11).

Dalam reses ini Antonius Kemong menerima sejumlah aspirasi dari sejumlah warga yang datang ke tempat yang telah ditentukan. 

Tokoh masyarakat warga kampung Selamat Datang, Esau Onawame mengatakan, meminta kepada Bupati untuk memekarkan kampung mereka. Jumlah penduduk  sudah banyak dan kampung yang ada juga luas dan sudah sudah dapat ditingkatkan menjadi kelurahan.

DPRD di minta membantu dan  memperhatikan dengan serius masalah tersebut. Tidak hanya itu, banyak warga di daerah tersebut tinggal dalam satu rumah dengan 3 sampai 4 Kepala Keluarga (KK). Dengan adanya program pembangunan perumahan untuk warga dengan menggunakan Data Otonomi Khusus (Otsus) program ini seharusnya mereka dapatkan. Pemerintah dapat membangun rumah buat mereka.

“Anggaran yang besar harusnya dapat mengakomodir permintaan-permintaan kami. Yang tidak mempunyai rumah akan di data akan diberikan kepada DPRD dan disampaikan kepada pemerintah. Kami warga sudah punya tanah, untuk membangun kami tidak mempunyai uang. Tidak hanya itu, rumah yang sudah ada agar dibantu pemerintah untuk direnovasi karena sudah rusak," katanya.

Di samping itu, warga yang lain, Markus Aim mengatakan, pemerintah banyak berjanji tapi pelaksanaannya tidak ada. Apabila sudah berjanji maka harus ditepati. Apabila janji itu ditepati maka warga menjadi tenang. Supaya masyarakat tetap percaya pada pemimpinnya.
"Permintaan ini harusnya dapat dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Program nyata harus dijalankan agar masyarakat percaya kepada pemimpinnya. Dengan aktifnya DPRD maka kami dapat menyampaikan aspirasi kami," katanya.

Lurah Koperapoka Linus Dolame yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, semua warga diusulkan hadir untuk membicarakan permasalahan yang ada. Pemekaran kampung harus diusulkan agar dilakukan segera.  Pemuda kampung mengusulkan agar pemerintah dapat menyediakan lapangan kerja buat pemuda di kampung selamat datang.

"Bantuan dapat dibuat dengan rental motor atau pencucian mobil atau pembentukan karang taruna buat wadah anak muda berkreasi," ujarnya.

Warga juga meminta akses transportasi taksi kuning agar sampai ke tempat mereka. Supaya warga tidak kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian ke pasar sentral. Selama ini warga merasa kesulitan untuk mendapatkan taksi kuning untuk ke pasar. Banyak taksi kuning yang melintas daerah kampung Selamat datang, namun selalu penuh dari SP 2.

Tidak hanya itu, transportasi ojek yang ada juga harus ditertibkan dengan memberikan identitas yang jelas. Ojek harus terdaftar di pemerintah. Dan dibuat pangkalan resmi serta ditata dengan baik, supaya masyarakat mengetahuinya.

"Disini banyak ojek liar yang terkadang membuat tindak kriminal meningkat. Jadi harus di ditertibkan dengan memberikan identitas berupa jaket seragam agar tertib," jelasnya.

Aspirasi lain yang disampaikan juga berupa jalan akses ke rumah-rumah yang harus dibangun. Jalan-jalan ke lorong kampung warga agar dibuat nama menurut nama muatan lokal. Tidak hanya itu, rumah warga juga harus dibuat nomor rumah.

Warga juga menyampaikan pembangunan sekolah dan kantor kampung atau kelurahan juga harus direalisasikan. Pasalnya, anak-anak sekolah di kampung selamat datang harus menempuh jarak yang jauh untuk berangkat ke sekolah di SP 2.

Usai menerima sejumlah aspirasi warga, Antonius Kemong mengungkapkan, kegiatan reses ini tidak lebih hanya untuk menerima aspirasi warga. Tidak ada unsur politik di dalamnya. Meskipun tahun ini tahun politik. Warga jangan menyalahartikan kegiatan reses yang dilakukan.

“Aspirasi yang sudah disampaikan warga akan disampaikan kepada pemerintah nantinya. Tidak hanya itu, sejumlah aspirasi tersebut akan dibawa dan dibahas di DPRD nantinya. Kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan politik untuk mendukung salah satu pasangan. Apalagi untuk mendukungnya lagi untuk jadi anggota DPRD," ungkapnya.

Diakhir acara, Antonius Kemong juga memberikan dan membagikan Bahan Makanan (Bama) kepada warga yang datang. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment