LIPI Kembangkan Budidaya Buah Merah dan Jambu Kristal

Bagikan Bagikan

Kegiatan Diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi.


SAPA (TIMIKA) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan kegiatan Diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi LIPI dengan tema pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah, terutama budidaya buah merah dan jambu kristal.

"Kita harus melihat potensi itu. Karena potensi itu saya lihat sangat besar. Buah merah sendiri dapat di budidayakan agar dapat dikenal di luar Papua," kata Tim dari LIPI yang di undang oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Peggy Patricia Pattipi di Gedung Fizalika di kawasan Jalan Poros SP 5 Timika, Selasa (7/11).

Menurut Peggy, diseminasi ini akan dilakukan di Timika, karena potensi buah merah dan jambu kristal di Timika sangat besar dan bisa dibudidayakan. Sehingga, warga setempat bisa mendapat penghasilan tambahan dari budidaya buah merah dan jambu kristal.

Sementara, Kepala Inspektorat LIPI Jakarta Hiskia Sirait mengatakan, potensi daerah di Timika cukup besar. Salah satu potensi yang ada yakni budidaya buah merah. Untuk dapat mengembangkan potensi itu, maka perlu dilakukan pengawasan bagaimana penanamannya, dan bagaimana pemasarannya.

"Kita harus melihat potensi itu. Karena potensi itu saya lihat sangat besar. Buah merah sendiri dapat di budidayakan agar dapat di kenal di luar Papua," katanya.

Dia menyanyangkan potensi itu tidak di garap semaksimal mungkin di Timika. Buah merah bisa di buat seperti jus. Dan buah merah ini tanaman langka yang hanya ada di Papua. Maka, tim LIPI sedang mengobservasi dan mencari lebih jauh tentang buah merah ini.

"Waktu saya tiba di Timika. Saya cari jus buah merah, sayang ternyata jus buah merah tidak ada di Timika. Hal ini yag harus kita kembangkan agar dapat dibudidayakan nantinya," ujarnya.

Ketika ditanya seperti apa nantinya pengolahannya, dia  mengaku belum bisa berbicara lebih jauh terkait hal itu. Ia menjelaskan tim dari Lipi hadir di Timika membawa bibit jambu kristal. observasi buah jambu kristal akan di coba dilakukan di Timika. 

Upaya membudidayakan jambu kristal harus ada peran serta dari Pemerintah Daerah (Pemda). soal berhasil tidaknya harus ada komitmen dari pemerintah setempat. Pengembangan jambu kristal bisa berdampak pada perekonomian setempat.

"Pemda harus berkomitmen untuk dapat mengembangkan budidaya jambu kristal dan buah merah. Untuk pembuatan lahan yang luas dibutuhkan peran dari pemerintah. Contohnya untuk membuat kebun membutuhkan lahan yang luas. Dalam kebun itu nantinya ada wisata edukasi dalan kebun  yang dikembangkan. Karena ada tumbuhan yang langka. Ini akan menjadi lahan buat Pemda untuk menghasilkan pendapatan daerah," jelasnya. (Tomy)




Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment