Masyarakat Jila Minta Bangun Jembatan Penghubung

Bagikan Bagikan

DPRD Mimika Kunker ke Distrik Jila

SAPA (TIMIKA) – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Elminus B Mom, SE dan Sekretaris Komisi B, Yelinus Mom ketika melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Distrik Jila disambut dengan permintaan  warga masyarakat Jila membangunkan empat jembatan penghubung antara kampung dengan kampung tahun depan.

Permintaan itu pada saat pimpinan dewan dan sekretaris Komisi B melihat dari dekat hasil program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab),  Mimika, diantaranya kelanjutan pembangunan perpanjangan lapangan terbang (Lapter) Nuema menjadi 1.150 meter dan pembangunan 4 jembatan penghubung ke ibu Kota Distrik.

Kami minta pembangunan 4 jembatan dan instalasi listrik,” kata Kepala suku Jila Petrus Kiwak mewakili keluhan warga masyarakat Jila, di Jila, Kamis (16/11) lalu.

Dia mengatakan, pihak Distrik Jila mengusulkan pembangunan 4 jembatan yang menghubungkan beberapa kampung dengan Distrik ditahun depan. Sehingga warga yang berada di 4 kampung tidak susah pergi ke Distrik Jila. Selain itu, mereka meminta agar warga bisa menikmati listrik di rumah-rumah warga. Listrik sudah ada, tetapi instalasi jaringan listriknya belum kunjung dilakukan. Pemkab Mimika mesti memperhatikan dan menganggarkan pengadaan isntalasi listrik.

Terkait pelayanan kesehatan dan pendidikan serta keamanan di Distrik Jila, Petrus mengaku sudah berjalan baik. Tenaga pengajar dan tenaga medis semua berada di tempat tugas. Pihak Keamanan dan petugas lain kebersamaannya bagus, karena mereka menjalin komunikasi baik  dan saling bahu-membahu membuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Jila. “Guru dan Medis serta petugas keamanan semua berjalan baik,”  kata Petrus.

Menanggapi permintaan warga itu, Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom, SE menyampaikan, Kunker ke Kampung Jila ini tujuannya  melihat program pembangunan yang telah dijalankan Pemkab Mimika dan yang akan diprogramkan ditahun depan. Masukan dari warga Jila menyangkut keterbatasan sarana dan prasarana, dan salah satunya perpanjangan Lapter Nuema Jila,  pembangunan jembatan penghubung ke ibu kota Distrik akan dikoordinasikan dengan Pemkab Mimika.

Kita Kunker ini untuk melihat program Pemerintah ditahun ini, dan juga mendengar  masukkan dari masyarakat. Karena itu  yang akan kami bawa dalam sidang penetapan APBD 2018, seperti pembangunan 4 jembatan dan perpanjang Lapter Nuema,” kata Elminus B Mom, SE dalam sesi diskusi dengan warga masyarakat Jila.

Persoalan tidak ada jembatan penghubung dari kampung dan antar kampung ke kota Distrik , seperti antara  Kampung Jilogong, Kampung Dologong, Kampung Nuemogong, Kampung Ombliogong dan perpanjangan Lapter menjadi 1150 meter serta penambahan 1 unit alat berat untuk keperluan pembangunan disana akan diperjuangkan ditahun depan.

“Kita akan perjuangkan dan anggarkan untuk pembangunan jembatan penghubung dan perpanjangan Lapter tahun depan,” jelasnya.

Dia mengapresiasi pelayanan kesehatan dan pendidikan serta keamanan yang berjalan sesuai dengan tugas dan peran masing-masing. Kondisi itu, warga harus mendukung dan memupuk baik bersama tenaga medis,  pengajar dan pihak TNI supaya semakin baik lagi. Sebab, kehadiran mereka untuk membantu masyarakat.

“Jadi perawat, guru dan Tentara yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik disini, warga harus dukung dan merawat baik kondisi itu,” katanya.  (Ricky Lodar)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment