Menghina Polisi, Seorang Pengendara Motor Diamankan

Bagikan Bagikan

Kurnia Rhyna saat diinterogasi petugas.
SAPA (TIMIKA) - Sudah jatuh tertimpa tangga lagi. Itu yang dialami Kurnia Rhyna (nama yang digunakan di akun medsos Facebook) ketika melampiaskan kekesalannya usai ditilang Polisi. Yang bersangkutan ditilang Polisi saat Operasi Patuh Zebra-Matoa di depan Sentra Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Jumat (3/11) sekitar pukul 07.30 WIT.

Berdasarkan penuturan Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Samuel D. Tatiratu, S.IK melalui petugas Firmansyah menjelaskan, saat itu yang bersangkutan melaju dari arah Maccarena, melewati depan Sentra Pelayanan Polres Mimika tanpa menggunakan helm dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor. Sehingga akhirnya yang bersangkutan terjaring razia.

Setelah ditilang, yang bersangkutan memposting rasa kekesalannya kepada Polisi di dinding Facebook-nya dengan kata-kata penghinaan terhadap Polisi: "Polisi taik betul eeeh... pake acara tilang segala anjriitg. Wweh pusing".

"Dia ditilang karena tidak ada KTP, SIM, STNK dan tidak pakai helm," kata Firmansyah saat menjelaskan kronologis kejadian kepada wartawan Salam Papua, Jumat (3/11).

Kurnia Rhyna saat ditilang petugas Satlantas.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Polisi mengamankan motor Yamaha Mio Soul berwarna putih tanpa plat nomor dan tidak memakai kaca spion milik yang bersangkutan.

Berselang beberapa waktu setelah peristiwa itu, yang bersangkutan diarahkan untuk dimintai keterangan oleh Polisi terkait postingannya. Saat diinterogasi, Kurnia Rhyna mengakui perbuatannya dan menyatakan permohonan maaf.

"Saya juga minta maaf. Saya menyesal buat status itu. Jadi saya sudah hapus," kata Kurnia saat ditanya Polisi.

Terkait hal tersebut, Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Dionisius membenarkan perihal seorang warga yang memposting kata-kata penghinaan terhadap Polisi lewat akun Facebook-nya. Namun sejauh ini Polisi belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan melanggar Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau tidak, karena masih dalam tahap penyelidikan Polres Mimika.

"Iya benar, cuma belum bisa dikenakan UU ITE. Karena yang bersangkutan baru diperiksa," kata Kasat. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment