Migrasi Tunggu Proses Hukum WNA Penyelundup Tengkorak

Bagikan Bagikan

Kasi Kantor Imigrasi Tembagapura, M. Dede Sulaiman


SAPA (TIMIKA) - Kantor Imigrasi Kelas II B Tembagapura, Timika, Papua, masih menunggu tindak lanjut proses hukum kasus penyelundupan tiga tengkorak kepala manusia yang melibatkan seorang berkewarganegaraan Jerman berinisial W.

Kepala Seksi Informasi Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Tembagapura Mochammad Dede Sulaiman di Timika, Kamis (9/11), mengatakan kasus tersebut tengah ditangani oleh penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Mimika.

"Kami masih menunggu proses di kepolisiannya nanti seperti apa, apakah yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka atau tidak. Kalau ditetapkan sebagai tersangka, tentu ada proses hukum lebih lanjut. Tapi kalau tidak sampai tingkat penyidikan, berarti dokumen keimigrasian yang bersangkutan berupa paspornya akan kami kembalikan," jelas Dede.

Ia mengatakan hingga kini paspor milik W masih diamankan oleh Kantor Imigrasi Tembagapura di Timika.

"Dokumen keimigrasiannya kami amankan untuk sementara waktu untuk memastikan orangnya tidak bisa kemana-mana. Sedangkan yang bersangkutan tidak ditahan," jelasnya.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Dionisius VD Paron Helan mengatakan W diduga melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

"Pelakunya masih terus kami periksa. Sampai sekarang yang bersangkutan belum kami amankan," kata Dionisius.

Menurut dia, pengiriman barang yang masuk dalam kategori benda cagar budaya harus mendapatkan izin, salah satunya dari kepolisian.

Selain itu, perizinan untuk membawa benda tersebut harus diterbitkan oleh instansi berwenang yang menjelaskan identitas tengkorak kepala manusia tersebut.

W berupaya menyelundupkan tiga tengkorak kepala manusia melalui Bandara Mozes Kilangin pada Selasa (31/10).

Pelaku akan berangkat menuju Denpasar-Bali dengan rute penerbangan dari Timika menuju Makassar dan selanjutnya menuju Denpasar.

Guna mengelabui petugas Bandara Timika, W mengemas paket barang tersebut sebagai paket kiriman berisi 'sarang semut'.

Tiga tengkorak kepala manusia yang hendak diselundupkan W dikemas dalam bungkusan selembar baju bermotif ukiran Suku Asmat, Papua.

Namun aksi nekat W dicegat petugas Bandara Timika saat barang bawaannya melalui pintu X-Ray. Petugas menaruh curiga terhadap barang bawaan W.

Setelah dibongkar kemasannya, ternyata didapati tiga tengkorak kepala manusia. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment