Mimika Juara I Lomba TTG Provinsi Papua 2017

Bagikan Bagikan

Kab. Mimika juara 1 Lomba TTG  Tingkat Prov. Papua 2017

SAPA (TIMIKA) - Kabupaten Mimika terpilih sebagai juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Unggulan Tingkat Provinsi Papua tahun 2017. Kejuaraan TTG itu diwakili SMK Yapis Timika dengan menampilkan teknologi pembuatan antena multi fungsi. Antena multi fungsi itu berhasil menggungguli SMA Negeri 3 Kabupaten Merauke yang berada di urutan II dan III menciptakan pembuatan VCO dengan asam dari buah jeruk dan pembuatan dodol pisang.

Kejuaraan TTG itu digelar  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Provinsi Papua dan diikuti 8 peserta yakni Kabupaten Mimika, Merauke, Nabire, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Sarmi, Jayapura dan Kota Jayapura.

Dewan juri yang menilai lomba TTG itu  dari dunia pendidikan, diantaranya  Universitas Cendrawasih (Uncen), Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) serta dari  SMK Negeri 3 Jayapura sebagai tim  juri independen.

Penyerahan penghargaan juara dilakukan di Kantor BPM, Jalan Poros SP V dan dilakukan penandatanganan berita acara. Hadiah diserahkan Kepala Sub Bidang (Kasubid)  Pemanfaatan Sumber Daya Alam DPMK Papua, Prajanu Budi Darmawan kepada Sekretaris BPM Mimika Ir. Yani F. Efendi, MM dan dilanjutkan kepada Kepala Sekolah SMK Yapis Timika, Sahaka Rumagia M.Si berupa piagam dan uang pembinaan Rp10 juta.

Prajanu Budi Darmawan dalam sambutannya mengatakan,  sejak Oktober hingga November awal, tim juri independen telah melakukan penilaian di 8 kabupaten dan Kota Jayapura.

"Kami sudah kunjungi semua dan lakukan penilaian. Banyak hal yang mendasari penilaian kami sehingga juri memilih SMK Yapis dari Mimika sebagai juara 1 TTG 2017 Provinsi Papua," ujarnya.

Dijelaskan, penilaian dilakukan secara objektif dan pemenang dipilih karena mampu menampilkan kemutakhiran teknologi yang berdaya saing.

"Waktu kami diskusi tim, beberapa kabupaten ada kemiripan tapi ada beberapa aspek yang menjadi ukuran penentuan juara. Semua berdasarkan penilaian yang objektif, transparan dan independen," ujarnya.

Menurutnya, juara I dan II secara otomatis akan mewakili Provinsi Papua ke TTG nasional yang akan di selenggarakan tahun depan di Bali.

"Kami tidak berjanji tapi mereka akan kita ikutkan pada TTG nasional di Bali. Kita mohon dukungan kabupaten juga. Selamat kepada kalian yang telah berprestasi. Semoga ini menjadi awal dan motivasi untuk semakin berkembang ke depan," katanya.

Sementara, Sekretaris BPM Ir. Yani F. Efendi, MM mengatakan, BPM Mimika baru melaksanakan TTG tingkat kabupaten tahun ini. Namun telah membuahkan hasil bagi Mimika.

"Semoga tahun depan kegiatan ini terus berkesinambungan. Dengan lomba ini diharapkan juga dapat menghasilkan teknologi kreatif, inovatif dan memiliki daya saing. Pemenang harus terus berkarya, jangan puas disini saja. Hasil ini harus dioptimalkan supaya bermanfaat bagi kita semua. Selamat kepada SMK Yapis Timika," ujarnya.

 Kepala Sekolah, Sahaka Rumagia M.Si memberikan apresiasi kepada BPM Mimika atas dorongan yang diberikan.

"Ini sebuah langka awal yang baik bagi kita. Kami apresiasi BPM Mimika yang mau melihat kreativitas dan inovasi anak didik kami. Selama ini kita terus memacu diri agar mereka berpotensi karena kita sadar mereka miliki talenta," ujarnya.

Menurut Kepala Sekolah SMK Yapis Timika, Sahaka Rimagia M.Si, sekolahnya telah mendatangkan guru IT dari luar daerah sebagai pengajar.

"Kami punya guru IT di sekolah dan dia telah memberikan pembinaan kepada anak-anak kita sehingga mereka bisa berprestasi. Ini jadi ukuran bagi  kelas on progress bisa berhasil membawa nama sekolah dan daerah di Provinsi Papua. Ini  kebanggan bagi kita semua," ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment