Musa Serahkan Dokumen Dukungan Perseorangan Melebihi Ambang Batas

Bagikan Bagikan


Wihelminus Pigai dan Allo Rafra menyerahkan Dokumen Perseorangan
SAPA (TIMIKA) -  Pasangan calon  Bupati, Wilhelmus Pigai dan Calon Wakil Bupati Athanasius Allo Rafra (Musa) menyerahkan dokumen dukungan melalui jalur perseorangan merebut kursi Mimika Satu dan Dua ke KPUD Mimika melebih ambang batas dari yang dipersyaratkan KPU.

Sesuai data Jumlah dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk, Pasangan Musa menyerahkan dokumen dukungan perseorangan 22.800 dukungan.  Jumlah tersebut  melebihi ambang batas yang ditentukan KPU Mimika  berjumlah 22.273 Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jumlah tersebut minimal 10 persen dari jumlah pemilih dari Daftar Pemilih Tetap yang digunakan KPU Mimika dalam Pemilihan Presiden (Pilres) tahun 2014 sebanyak 222.721 pemilih.

Pasangan Musa menyerahkan dokumen dukungan secara simbolis dan diterima Komisioner KPU Mimika bagian teknis Derek Mote. Derek mengatakan, sesuai dengan ketentuan dari peraturan KPU, penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan harus memenuhi angka 22.273 dukungan. Angka ini yang harus dipenuhi oleh pasangan calon perseorang yang ingin maju dalam Pilkada Mimika tahun 2018.

“Mau tidak mau, angka itu yang harus dipenuhi oleh pasangan. Semua pasangana calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan harus memenuhi jumlah tersebut,” katanya.

Ditempat yang sama, Wilhelmus Pigai mengatakan terkait input Sistem Informasi Perseorangan (Silon), dokumen dukungan  yang masuk sebanyak 35 ribu. Padahal, tim hanya mempersiapkan 22.800 KTP dukungan. 

“Data ini perlu di perhatikan oleh KPU Mimika. Ada kesalahan mungkin. Tim kami tidak memasukkan data dokumen dukungan sebanyak itu,” jelasnya.

Persyaratan yang ditetapkan KPU sudah dipenuhi  tim. Syarat dokumen dukungan yang dimasukkan sudah sesuai. Tidak ada ditambahan dan juga tidak di kurangi.

“Adapun dokumen yang diserahkan berupa dokumen B1 KWK dan B2 KWK  dan lampiran sebanyak 22. 800 KTP. Tentu sudah melampaui ambang batas minimal 22.273 sesuai tertuang dalam aturan,” ujarnya.

Penyerahan dokumen dukungan ini selanjutnya akan di teliti oleh KPU Mimika. Penelitian data dukungan pasangan calon perseorangan akan dilakukan pada tanggal 25 november sampai 3 Januari 2018.

Pendaftaran calon perseorangan akan dibuka pada tanggal 8 Januari 2018 hingga tanggal 10 Januari 2018.  Dan Rabu (29/11) merupakan hari terakhir penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ke KPU Mimika. KPU Mimika masih menerima berkas dukungan hingga pukul 24.00 wit. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment