Operasi Zebra 2017, Puluhan Kendaraan Terjaring Razia

Bagikan Bagikan
Puluhan kendaraan yang diamankan saat razia.
SAPA (TIMIKA) - Satuan Lalulintas (Satlantas)Polres Mimika bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Mimika menggelar Operasi Zebra 2017. Dalam operasi ini, petugas berhasil menjaring puluhan kendaraan yang dianggap bermasalah.

Operasi Zebra 2017 yang digelar, Kamis (2/11), di Jalan Hasanuddin untuk menertibkan para pengendara dan menciptakan kenyamanan serta keamanan berlalulintas. Operasi ini berhasil menjaring puluhan kendaraan bermotor, baik roda dua, roda empat, maupun roda enam. Pada Operasi ini, petugas menemukan puluhan kendaraan yang tidak melengkapi kelengkapan kendaraan berupa SIM, STNK, uji kelayakan kendaraan (KIR), knalpot racing, dan lain sebagainya.

Kasatlantas Polres Mimika, AKP Samuel Dominggus Tatiratu mengatakan, Operasi Zebra 2017 dimulai sejak 1 November 2017. Sasaran dari operasi ini untuk mengantisipasi pelanggaran yang bisa berdampak pada kecelakaan lalulintas. Seperti halnya, roda dua yang tidak menggunakan helm, plat nomor, knalpot racing, spion, SIM, dan STNK.

“Operasi Zebra 2017 ini dilakukan serentak. Dan operasi kali ini merupakan operasi yang kedua kalinya dengan tujuan untuk melakukan penertiban para pengendara di Jalan Raya yang tidak mematuhi aturan dalam tertib berlalu lintas,” katanya.

Selain roda dua, Dia mengungkapkan, operasi ini juga memfokuskan pada roda empat dan enam. Difokuskan pada kendaraan yang bermuatan barang maupun penumpang. Dan juga pada kelayakan kendaraan, seperti pick up yang terjaring karena lupa melakukan uji KIR. Sebab, jika tidak pernah dilakukan uji KIR, maka ada kemungkinan terjadinya rem blong dan mesin macet pada kendaraan sehingga bisa berujung pada kecelakaan lalulintas.

“Dalam operasi ini, kami bekerjasama dengan Dishub Mimika sebagai instansi teknis yang menangani uji kelayakan kendaraan. Karena penyebab terjadinya kecelakaan diakibatkan rem blong, mesin macet karena tidak dilakukan uji KIR,” ungkapnya.

Ia menambahkan, operasi semacam ini akan terus dilakukan dan akan bekerjasama dengan semua pihak terkait.

“Kerjasama ini sebagai bentuk sinergitas dari Satlantas Polres Mimika. Dan akan terus bekerjasama dengan pihak lain, seperti POM dan pihak lainnya dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2017 maupun lainnya,”ujarnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment