Pasangan RnB Serahkan Dokumen Dukungan ke KPUD

Bagikan Bagikan


RnB dari jalur perseorangan menyerahkan berkas ke KPUD
SAPA (TIMIKA) - Pasangan calon bupati yang maju melalui jalur perseorangan, Robertus Waropea dan Albert Bolang atau yang disebut RnB, Selasa (28/11), menyerahkan 12 kotak berisi dokumen dukungan ke KPUD Mimika untuk di teliti.

Pasangan calon Bupati Mimika jalur perseorangan ini datang ke kantor KPUD di antar iring-iringan ratusan pendukungnya dengan tarian adat dari Kamoro. Sebelumnya, terlebih dahulu diadakan ritual adat dari Kokonau yang dilanjutkan ke Poumako.

12 kotak berisikan dokumen dukungan diserahkan ke KPUD dan diterima oleh komisioner KPUD, Derek Mote. Setelah menerima, Derek mengatakan ini bukan pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati melainkan hanya penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan. Selanjutnya dokumen tersebut akan dimasukkan pada sistem informasi perseorangan (Silon) KPU dan akan di tindaklanjuti dengan melakukan penelitian dan verifikasi data faktual.

"Saat ini tahapan yang dilakukan KPUD Mimika bukan pendaftaran pasangan calon yang maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun depan, tapi hanya penyerahan dokumen dukungan untuk pasangan calon perseorangan. Ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KPU," katanya.

Waktu penyerahan persyaratan dukungan pasangan calon jalur perseorangan, kata dia, telah dimulai sejak 25 November dan berakhir 29 November (Hari ini) pukul 23.59 WIT.

Penelitian dokumen dukungan akan dilakukan selama 14 hari kerja dengan menggunakan Silon KPU, dokumen dukungan akan di masukkan ke sistem. Tidak hanya itu, verifikasi faktual juga akan dilakukan KPUD bersama dengan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Verifikasi faktual akan dilakukan PPD dan PPS dengan mendatangi langsung ke rumah warga yang sesuai dengan domisili yang tertera di KTP dukungan," ujarnya.

Sementara itu, komisioner KPUD bagian hukum, Alfred Petupetu mengatakan, penelitian yang dilakukan KPUD juga akan didampingi Panitia Pengawas Pemilu (Panwas).

Pasangan calon bupati RnB mangakui sudah mengikuti semua aturan yang dibuat KPU.  12 kotak yang berisi bentuk dokumen dukungan sudah disertai KTP dan ditandatangani yang bersangkutan.

“Bentuk dukungan yang kita serahkan sebanyak 23 ribu. Dari ketentuan sudah melebihi dukungan, yakni 22 ribuan. Apabila ada yang kurang dapat menghubungi operator pasangan RnB nantinya,” kata Robertus. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment