Pemda Keliru Sampaikan Dana tak Ada.

Bagikan Bagikan

Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom

SAPA (TIMIKA) -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Elminus Mom menegaskan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika omong kosong menyampaikan alasan dana Bansos tidak ada untuk membantu hal-hal yang berkaitan dengan kemanusian. Dana untuk menangani kemanusiaan harus selalu tersedia dan stanby sewaktu-waktu diperlukan.

"Pemerintah belum pernah mengeluarkan dana bagi masyarakat. Sekarang ini saatnya Pemda mengeluarkan dana bantuan tersebut. Tidak ada alasan dana bantuan tidak ada," katanya kepada wartawan di Gegung DPRD Jalan Cenderawasih, Rabu (22/11)

Setiap Kabupaten itu memiliki dua macam  dana. Pertama untuk dana emergency dan dana perencanaan. Didalam dana perencanaan itu sudah termasuk di dalamnya dana pengamanan. Dana emergency itu dapat digunakan saat terjadi bencana alam. Dan di Timika dana emergency itu besar.

"Omong kosong kalau tidak ada dana tersebut. Dana untuk konflik dan musibah harus standby dan dapat digunakan bagi pengungsi yang berada di Gedung Eme Neme Yauware," ujarnya.

Dia mengatakan, di daerah lain dana emergency selalu ada. Harusnya penanganannya cepat karena dana emergency dan darurat harus ada. Dana tersebut ada di Pemda. Jadi harus digunakan. Di Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dana bantuan seperti itu tidak ada.

"Pemda harus menyalurkan dana bantuan tersebut. Di DPRD itu tidak ada dana bantuan tapi hanya melakukan pengawasan saja. Apabila DPRD memberikan sumbangan itu hanya kebijakan dari dewan saja," katanya.

Sementara, Ketua Fraksi Hati Nurani Rakyat Kabupaten Mimika Yohanes Wantik mengatakan, Pemda keliru apabila dana emergency tidak ada. Dana tersebut tidak boleh di korek karena sewaktu waktu terjadi bencana baru bisa digunakan.

"Dana hibah di Kabupaten Mimika besar, bisa mencapai 20 milyar. Dana tersebut tidak boleh dikeluarkan sembarangan. Dan dana tersebut tidak boleh kosong. Keliru pemerintah apabila dana bantuan kosong," katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment