Pemda Sambut Program Tol Laut

Bagikan Bagikan


Sekertaris Daerah Kab. Mimika, Ausilius You


SAPA(TIMIKA) - Sekertaris Daerah (Sekda) Mimika Ausilius You, Jumat  (10/11) secara resmi  menyambut kedatangan Kapal Tanto Ceria milik PT Tanto Intim Line, dalam rangka mendukung program pemerintah "Tol Laut" untuk pembangunan di Mimika.

Acara penyambutan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Mimika, Kepala Kantor unit Penyelenggaraan Pelabuhan kelas III Paumako, Pieter Rumbino, Direktur PT Tanto Intim Line Arfan Hani, Nahkoda Tony Leonard Kaat serta sejumlah tamu undangan.

Penyambutan KM Tanto Ceria ditandai dengan pemasangan ikat kepala ciri khas Papua oleh Sekda Mimika Ausilius You kepada Nahkoda Tony Leonard Kaat.

Direktur PT Tanto Intim Line Arfan Hani mengatakan,  pihaknya bersyukur karena PT Tanto Intin Line bisa masuk di pelabuhan Timika dan Timika adalah cabang  yang ke 28 sehingga kehadiran KM Tanto Ceria bisa  membawa pembangunan yang lebih baik dan partisipasi aktif dan lebih baik dimasa yang akan datang. KM Tanto Ceria adalah pelaksanaan tol laut di daerah Selatan Jayapura  dengan rute Surabaya, Tual, Timika, Merauke, Surabaya. Dan saat ini sebanyak 17 line.

"Pemerintah tahun ini melaksanakan tol laut dengan 17 rute dan sekarang ada 15 rute dan tahun depan akan tambah 2 rute menjadi 17 rute untuk melayani kawasan timur bagian selatan.  Bahkan kami akan lebih jauh lagi hingga ke Asmat," katanya.

Dia mengharapkan semoga niat  pemerintah ini dilaksanakan dengan baik dan  disuport oleh seluruh pemerintah daerah maupun pelaksana perusahaan pelayaran.

"Kami dari perusahaan pelayaran tentunya harus bisa melaksanakan tiga poin yaitu harus servis lebih baik dari yang sudah ada, harus bisa lebih cepat dari yang ada, dan harus lebih kompetitif dan  lebih murah," ujarnya.

Kepala Sahbandar Pomako, Pieter Rombino mengatakan sebagai pemerintah di pelabuhan Pomako dalam hal ini Direktorat Jendral perhubungan laut merasa bangga, karena pemerintah mendengar keluh kesah masyarakat Papua yang ada di selatan sehingga semakin hari banyak perubahan  yang pemerintah pusat sudah canangkan untuk mengisi tol laut.

Kapal Kam Tanto Ceria yang mengisi program nawacita Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembangunan dan menjangkau antar pulau dan menghadirkan logistik yang selama ini masyarakat masih merasakan disparitas harga yang sangat mahal.

Dengan kehadiran KM Tanto Ceria bisa membawa perubahan besar untuk daerah Mimika. Karena pemerintah pusat sangat komitmen untuk membangun Papua," ujarnya.

Sampai saat ini kata Pieter, Timika sudah mempunyai tiga operator yang mendukung tol laut yakni PT Salam Pasifik Indonesia Line (Spil), PT Tempur Emas Tbk (Temas) dan PT Tanto Intim Line.

"Untuk itu saya harap pemerintah dan juga masyarakat mari kita bersama-sama mendukung program tol laut karena melalui program ini kita mampu bersaing dengan  masyarkat yang ada di daerah lain," ujarnya.

Sekda Mimika Ausilius You dalam sambutan mengatakan bahwa transportasi sebagai urat nadi kehidupan yang sangat dituntut perannya dalam roda pembangunan negara. Pada dasarnya fungsi dari transportasi beserta sarana dan fasilitas sebagai alat yang bisa  menghubung antar pulau.

You mengatakan, kontribusi transportasi laut menjadi semakin penting karena nilai biaya yang dikeluarkan adalah yang paling rendah bila dibandingkan dengan transportasi darat ataupun udara.

Mimika adalah sala satu Kabupaten penyangga bagi kabupaten tetangga entah pesisir maupun pegunungan. Dengan kehadiran KM Tanto Ceria salah satu cara untuk membuka isolasi daerah yang mana barang-barang yang turun di Timika bisa sampai ke Yahukimo, Nduga, Asama.
Dijelaskan, kehadiran kapal sangat penting dalam memdukung pembangunan negeri.

"Saya harap setiap perusahan pelayaran yang ada PT Spil, Temas dan Tanto Ceria menunjukan peran yang betul-betul mau menguntungkan mesyarakat. Jadi tidak boleh saling menjatuhkan sesama perusahaan yang lain. Tetapi di sini mau menunjukkan kebersamaan kinerja untuk melayani masyarakat yang lebih baik, murah dan cepat," ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment