Pemkab Adakan Bimtek Gerakan Indonesia Menuju 100 Smart City

Bagikan Bagikan

Kegiatan Bimtek Smart City.


SAPA (TIMIKA) – Adanya gerakan Indonesia Menuju 100 Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) di salah satu hotel dibilangan Jalan Yos Sudarso, Senin (6/11).

Jhon Rettob selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, dalam sambutannya pada kegiatan bimtek Gerakan Indonesia Menuju 100 Smart City mengatakan, dalam rangka pengembangan smart city di Kabupaten Mimika, pemkab telah membuat master plan smart city guna menjadi arahan pengembangan smart city dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

“Bimtek ini, kami telah buat master plan untuk pembangunan smart city dalam jangka waktu pendek, menengah maupun panjang. Karena nantinya, di tahun 2028, Mimika sudah dalam pemantapan smart city,” katanya.

Program yang telah dibuat pemkab, untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi maupun keluhan terkait pembangunan di Mimika.

“Masyarakat bisa komunikasi langsung dengan pemerintah lewat website dan SMS. Selain itu, seluruh jajaran SKPD wajib memberikan laporan dalam aplikasi itu (Aplikasi AKAI MENO-Red) dan pemerintah bisa melihat secara langsung kinerja dari SKPD,” terangnya.

Launching master plan yang ada, akan segera ditandatangani lewat nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenkominfo pada Selasa (7/11) hari ini dalam rangka gerakan Indonesia Menuju 100 Smart City.

“Tanda tangan komitmen smart city, akan launching pada esok hari (Hari ini-Red). Lewat launching besok, kiranya semua dapat terus memberikan inspirasi untuk maju,” ujarnya.
Menurutnya, program smart city ini adalah penunjang dalam mempercepat akses pelayanan kepada masyarakat.

Smart city, smart people Ini bukan suatu aplikasi, tapi program untuk memberikan pelayanan yang prima di 2018 dan 2019 hingga pemantapan smart city di tahun 2028 kelak,” katanya.

Ia menambahkan, dengan koordinasi dan kerjasama antar berbagai elemen di Mimika, diharapkan gerakan smart city di Kabupaten Mimika dapat segera terwujud dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik dan koordinasi antara aparatur pemerintah semakin meningkat. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment