Pemkab Launching Aplikasi AKAI MENO

Bagikan Bagikan

Acara launching aplikasi AKAI MENO.


SAPA (TIMIKA) – Pemkab Mimika melalui Sekda Mimika, Ausilius You secara resmi me-launching aplikasi “AKAI MENO” dalam rangka mendukung gerakan Indonesia menuju 100 Smart City, Selasa (7/11) di Hotel Serayu.

Acara ini dihadiri Kepala Dishubkominfo Mimika, perwakilan dari kantor staf Presiden, perwakilan Kemenkominfo, kepala SKPD lingkup Pemkab Mimika, kepala distrik, pimpinan BUMN, BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan peserta kegiatan Bimtek implementasi Mimika Smart City.

Launching aplikasi lapor “AKAI MENO” dilaksanakan sekaligus penandatanganan komitmen pelaksanaan pembangunan Mimika Smart City. Acara ini ditandai pemukulan tifa oleh Sekda Mimika yang dilanjutkan penandatanganan komitmen pelaksanaan pembangunan Mimika Smart City oleh Sekda dan diikuti semua tamu undangan yang hadir. Selanjutnya, penyerahan plakat smart city dirangkai penyerahan sertifiktat secara simbolis kepada peserta.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa Pemkab Mimika menyambut baik gerakan Indonesia menuju 100 Smart City yang dicanangkan Kemenkominfo. Dimana Kabupaten Mimika terpilih menjadi salah satu dari 25 kabupaten/kota yang menjadi pilot project se-Indonesia. Apalagi Kabupaten Mimika satu-satunya yang terpilih dari provinsi Papua dan Maluku.

"Pemerintah Kabupaten Mimika terus berkomitmen dan berbenah dalam peningkatan pelayanan publik, salah satunya dengan menjadikan teknologi informasi sebagai basis perwujudan pelayanan publik yang cepat, efektif dan efisien kepada masyarakat, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya dengan peluncuran aplikasi lapor AKAI MENO berbasis sms,” katanya.

Aplikasi lapor AKAI MENO berasal dari bahasa Amungme dan Kamoro. AKAI merupakan singkatan dari Aduan Keluhan Aspirasi dan Informasi. Sedangkan MENO sendiri diambil dari bahasa Amungme yang artinya kerabat, saudara atau teman. 

"Dengan aplikasi ini diharapkan dapat dijadikan sarana komunikasi aktif antara masyarakat Kabupaten Mimika dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, untuk segera menindak-lanjuti harapan dan aspirasi masyarakat yang mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Selain itu, Sekda menyampaikan terima kasih kepada tim dari kantor staf Presiden dan Kemenkominfo yang sudah memberikan bantuan dalam penyusunan master plan smart city serta aplikasi lapor "AKAI MENO”.

"Kami berharap komunikasi tetap berlanjut hingga Mimika smart city dapat menjadi kebanggaan kita bersama," harapnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment