Pemutakhiran DPT, KPUD Menunggu DP4 dari Dispencapil

Bagikan Bagikan

Yoe Louis Rumaikewi


SAPA (TIMIKA) - KPUD Mimika hingga kini belum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT ) terbaru untuk pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2018-2019. Sebab, masih menunggu Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika.

Komisioner KPUD Mimika Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Yoe Louis Rumaikewi, menyampaikan hal ini ketika ditemui wartawan di Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, Sabtu (4/11). Sebab, DP4 dari Dispencapil akan digunakan KPUD sebagai bahan untuk pemutakhiran DPT. Selanjutnya dalam melakukan pemutakhiran DPT itu sendiri, KPUD masih membutuhkan waktu.

“Kami masih menunggu DP4 dari Dispencapil. DP4 ini terlebih dahulu dikirimkan oleh Dispencapil ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usai di proses maka, akan di kirim kembali ke Dispencapil, lalu di sampaikan ke KPUD Mimika,” katanya.

Apabila DP4 sudah diterima KPUD maka, akan dilakukan pemutakhiran data dengan yang akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Suara (PPS). Di mana pemutakhiran yang dilakukan PPS tersebut dengan cara melakukan pengecekan ke lapangan, apakah DPT bermasalah atau tidak.

“PPS yang akan mengecek ke lapangan nanti, karena data yang ada harus disesuaikan apakah orangnya masih tinggal di Mimika atau tidak, orang yang terdaftar di DP4-nya masih hidup atau sudah meninggal dunia. Jadi hal-hal seperti ini nantinya yang dilakukan untuk pemutakhiran data,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Yoe, proses pemutakhiran data akan dilakukan pada bulan Desember. Seharusnya, saat ini juga DP4 sudah bisa disampaikan ke KPUD, namun hingga kini DP4 belum di terima.

“Mudah-mudahan bulan ini sudah KPUD Mimika terima. Dari jadwal, pada 30 Desember sudah harus diumumkan DP4-nya, lalu dilakukan pemutakhiran. Sesuai jadwal bulan Desember sampai bulan Maret 2018 dilakukan pemutakhiran. Bulan April sudah ada perbaikan. Rekapitulasi dilakukan dari tingkat desa seperti pemilih ganda harus di rekap ulang, sehingga menghasilkan DPT final,” katanya.

“Hasil analisis Kemendagri dan Dispencapil Kabupaten Mimika terkait DP4 sudah harus diumumkan pada 30 Desember. Sehingga DPT sudah harus diumumkan tanggal 29 April 2018,” tambahnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment