Pencairan Dana NPHD Terhambat di Bupati

Bagikan Bagikan
Theodora Ocepina Magal, SKm
SAPA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika Theodora Ocepina Magal, SKm mengatakan, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran penyelenggaraan Pilkada di Mimika yang sudah ditandatangani bersama, terhambat di Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

"Semua prosedur yang diminta untuk melakukan pencairan dana tahap pertama sudah dipenuhi oleh KPUD Mimika. Hal ini sudah disampaikan kepada Bupati Mimika, namun belum ada balasan dari Bupati Mimika," katanya.

Ocepina mengemukakan, pembukaan rekening sudah dilakukan dan disampaikan kepada Bagian Keuangan Daerah Kabupaten Mimika. Namun pihak keuangan daerah meminta untuk dikoordinasikan kembali dengan Bupati Mimika.

"Setelah penyerahan kode rekening ke bagian keuangan. Kami diminta agar dikoordinasikan kepada Bupati Mimika. Dan hal itu sudah kami sampaikan namun belum ada jawaban dari bupati," jelasnya.

 Menurut Ocepina, apabila sampai tanggal 1 November tidak ada realisasi terkait pencairan anggaran maka KPUD Mimika akan melakukan  rapat pleno untuk membatalkan pelaksanaan Pilkada Mimika dengan alasan tidak ada anggaran.

"Rapat pleno sendiri akan dilakukan oleh intern dari KPUD Mimika. Dari hasil rapat pleno tersebut akan disampaikan kepada KPU Pusat dan KPU Provinsi," jelasnya

Terkait tahapan Pilkada,  kata Ocepina, yang akan dilakukan KPUD untuk menyelenggarakan Pilkada sudah di sampaikan kepada Bupati Mimika. Pelaksanaan tes tertulis kepada 900 orang calon tenaga Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS).

"Secara nasional pelaksanaan tes tertulis 12 Oktober sampai 11 November sesuai jadwal sudah di lantik. Terdapat 900 orang PPD dan PPS akan melakukan tes tertulis. Apaabila anggaran tidak ada maka hal ini juga akan dibantalkan. Karena  untuk menyewa gedung, alat alat tulis membutuhkan dana," ujarnya. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment