Polda Papua Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Bagikan Bagikan

Polda Papua Gelar Sosialisasi Saber Pungli

SAPA(TIMIKA) – Polda Papua  dan Supervise UPP Saber Pungli Provinsi Papua menggelar sosialisasi Sapu Bersih (Saber)  Pungutan Liar (Pungli) di Aula Mapolres Mimika Mile 32 di kawasan Jalan  Agimuga, Jumat (24/11). Dalam sosialisasi itu turut hadir Sekda Kabupaten Mimika Ausilius You, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten  Mimika Relly D. Behuku, SH. MH, Ketua Kejaksaan Negeri Timika Alex Sumarna, SH. MH,Personil Polri, Personil TNI,Tokoh agama, Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda, Tokoh Pelajar dan tokoh Adat.

Sementara dari tim Saber Pungli Provinsi Papua terdiri dari, Aswas Kajati Prov. Papua sekaligus Ketua Tim, Saring, SH, dan sebagai anggota diantaranya Irbid Itwasda Papua, AKBP Mikael Suradal, Sub Bid Paminal Bid Propam Kompol Made Suartika, Itwasda Briptu Ageng Wibowo, POMDAM Cendrawasih Papua Mayor I Made Mardika,dan Inspektorat Prov Papua Malik Rahman.

Kapolres Mimika yang diwakili Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH. MH mengatakan, SK  Saber Pungli Kabupaten Mimika sudah ada sejak Januari 2017.

“ Kami mengakui bahwa Polres Mimika bersama pemerintah daerah dan instansi terkait telah melakukan kegiatan saber pungli, namun belum maksimal. Atas nama Kapolres Mimika kami mengucapkan banyak terima kasih kepada  tim, karena telah diberikan kepercayaan kepada kami menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Sekda Mimika mewakili Bupati Mimika, Ausilius You mengatakan, Presiden RI telah mengeluarkan peraturan presiden tentang Saber Pungli dan praktek Pungli ini di instansi manapun. Dan tentunya pasti ada saja orang - orang yang melakukan Pungli.

“Dalam pertemuan ini diharapkan peserta dapat memberikan masukan-masukan yang baik. Sehingga tim Satgas Saber Pungli bisa menjadi lebih baik, maka dari itu,  mari kita bersama - sama memberantas segala bentuk Pungli  yang ada di Kabupaten Mimika.  Sehingga tercipta Mimika yang aman, damai dan dapat terwujud apa yang kita inginkan bersama,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Ketua Tim Sosialisasi dan Supervisi UPP Saber Pungli Provinsi Papua mengatakan, Satgas Saber Pungli bertugas membersihkan segala bentuk Pungli. Supaya Pungli ini tidak meresahkan warga masyarakat. Dan kegiatan Saber Pungli pada tahun 2017 belum maksimal, karena terbentur masalah anggaran, padahal sudah ada SK di Kab Mimika, namun Tim Saber Pungli di kabupaten ini belum dilaksanakan pengukuhannya.

“Untuk masalah anggaran, sesuai peraturan menteri Dalam Negeri bahwa Pemda wajib mengeluarkan anggaran untuk Tim Aaber Pungli di tiap - tiap daerah, sehingga pelaksanaan yang kita inginkan dapat berjalan dengan baik dan apa yang kita harapkan dapat terwujud,”ujarnya.(Albin)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment