Pramuka Kwarcab Adakan Gelar Senja

Bagikan Bagikan
Kadispendasbud mimika, Jenni O Usmany ketika menyampaikan sambutan
SAPA (TIMIKA) - Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 2608 Kabupaten Mimika adakan gelar senja atau penurunan bendera erakan pramuka di halaman  Graha Eme Neme, Rabu (1/11).

Acara ini dihadiri Ketua Kwarcab 2608 Kabupaten Mimika, Frits J. Erari SE, Ketua Harian Kwarcab Timika, Jenni O. Usmany, para guru dan ribuan pelajar.

Ketua Kwarcab 2608 Kabupaten Mimika, Frits J. Erari, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi antar pelajar dikarenakan minimnya pertemuan antarpelajar.

"Banyaknya tindakan negatif yang sering dilaksanakan para pelajar seperti saling menyerang dan lainnya sehingga dilakukanlah gerakan pramuka ini,"katanya.

Erari menjelaskan, adanya gerakan pramuka itu dapat dijadikan acuan dalam mencetak generasi pemuda yang berkarakter.

"Diperlukan pembinaan seperti ini disetiap sekolah, termasuk para guru-gurunya," katanya saat ditemui seusai gelar senja.

Menurut Erari, kegiatan gerakan pramuka itu bisa masuk dalam program pendidikan di setiap sekolah. "Saya sangat bersyukur dengan adanya kehadiran Kepala Dinas Pendidikan selaku Ketua Harian, agar kegiatan ini bisa menjadi program di setiap sekolah. Dan kedepannya anak-anak yang nakal menjadi anak yang baik dan berguna dalam keluarga maupun di sekolah," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah (Pemda) telah mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih disetiap tanggal 17 di pagi hari dan nantinya dilakukan penurunan bendera  (gelar senja/Red) oleh pramuka.

"Saya berharap, agar kegiatan tersebut dapat kembali terlaksana sehingga semua sekolah dari gugus depan bisa saling mengenal dan saling bertukar pikiran sehingga tidak ada lagi yang namanya tawuran, yang ada hanya persaudaraan,"ungkapnya.

Senada hal itu, Ketua Harian Kwarcab Mimika, Jenni O. Usmany mengatakan kedepannya pihaknya akan serius mengurus pramuka.

"Nantinya pramuka akan di bawah Dinas Pendidikan. Kemudian untuk pembentukan karakter itu sendiri akan dibina melalui kegiatan pramuka,"katanya.

Jenni juga mengatakan, Dinas Pendidikan akan membuat pelatihan dasar untuk guru-guru sehingga pengembangan pramuka di sekolah memiliki keterampilan untuk menjadi pembina.

"Kita akan bekerja sama dengan kwarcab untuk melatih guru-guru dengan keterampilan dasar pramuka. Nantinya, kita akan buat ekstra kurikuler jadi tidak membebani peserta didik dalam mengikuti pelajaran formal," ujarnya.

Sekretaris Saka Bhayangkara sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan, Lalu Hiskam, mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti penurunan bendera (gelar senja/Red) gerakan pramuka itu sebanyak 1425 orang dari 24 SMK dan 16 SD dan SMP.

Ia berharap, dengan antusiasme yang dimiliki anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini akan berdampak positif tentunya.


"Mereka sangat bersemangat semuanya dan tidak ada tempat untuk dapat mengeluarkan ekpresinya selain di tempat ini. Dan dilihat dari atraksi mereka yang begitu luar biasa menunjukkan bahwa mereka memiliki karakter yang sangat luar biasa," ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment