Ray Martosono: Musik Jazz Lebih Bebas Berekspresi

Bagikan Bagikan

Ray Martosono


SAPA (TIMIKA) - Musik Jazz merupakan salah satu jenis musik yang banyak diminati masyarakat, khususnya kalangan remaja. Berbeda dengan jenis musik lainnya, musik Jazz yang dinamis dan bebas membuat pemusik lebih nyaman dan mudah berekspresi.

Hal itu dikatakan Ray Martosono, salah satu musisi Jazz asal Bandung kepada Salam Papua sebelum memulai pelatihan (coaching clinic) bagi pengunjung di Waanal Coffee and Resto, Jalan Poros SP 3, Sabtu (4/11).

“Musik jazz lebih bebas berekspresi. Kebebasan lebih di utamakan. Apa yang kita inginkan kita keluarkan, beda dengan pop yang sudah ada aturannya,” katanya.

Untuk bisa menciptakan suasana musik yang baik, harus membedakan antara bermusik dan memainkan musik.

“Lebih mempersiapkan suasana asyik. Bermusik yang tidak tergantung pada nada -nada,” ujarnya.

Menurutnya, teori mengenai musik Jazz juga menjadi penopang untuk kawula muda yang gemar bermain musik.

“Minat  masyarakat, apalagi yang masih muda tentang musik itu sangat tinggi. Bagi para  pemusik, praktek bermainnya sudah bagus, tapi diperlukan juga sebuah teori musik agar bisa lebih memahami,” katanya.

Sebagai pemula yang baru menyukai jazz, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya melodi, irama, harmoni dan dinamika.

Lebih lanjut, musisi asal Bandung itu berharap, edukasi yang diberikan dalam bermusik lewat konser “Music is My Escape#5” dapat memberi pemahaman bagi pemusik lainnya.

“Musik harus tetap jalan. Musik jazz harus berkembang. Kedepannya agar musik jangan hanya dinikmati tapi juga dipahami,” harapnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment