Ribuan Calon PPD dan PPS Tes Tertulis

Bagikan Bagikan


Suasana ujian tes tertulis perekrutan calon PPD dan PPS.


SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 1.139 lebih calon Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Mimika, antusias mengikuti tes tertulis yang di adakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, Selasa (7/11), di SMP Negeri 2 Mimika, Jalan Budi Utomo.

Tes tertulis perekrutan anggota PPD dan PPS di buka oleh Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal, S.Km. Sesuai jadwal, tahapan agenda Pilkada serentak untuk perekrutan PPD dan PPS secara nasional di buka mulai 12 Oktober hingga 12 November 2017.

Ketua KPUD Mimika mengatakan, tes tertulis PPD dan PPS ini merupakan persiapan dalam rangka pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati 2018 mendatang. Dimana Pilkada serentak akan dilaksanakan di 171 baik provinsi, kabupaten dan kota. Mimika salah satu daerah yang melaksanakannya.

“Kita ada disini untuk mengikuti tes tertulis. Namun pelaksanaan tes ini agak terlambat, yang seharusnya pukul 14.00 WIT,tapi karena ada masalah teknis maka baru bisa dilaksanakan pada 16.00 WIT,” katanya.

Pantauan Salam Papua, pelaksanaan tes tertulis ini usai pada pukul 19.30 WIT. Karena minimnya penerangan, membuat sejumlah peserta tes yang menempati beberapa ruangan harus menggunakan penerangan dengan memanfaatkan cahaya dari handphone yang dimiliki peserta. Ironisnya, hampir seluruh ruangan yang tidak difasilitasi dengan lampu harus gelap gulita. Namun hal ini tidak mengurungkan niat peserta untuk menyelesaikan tes tertulis.

Peserta diimbau agar tidak mendaftar lebih dari satu, misalkan saja sudah mendaftar untuk Distrik Mimika Baru, tidak di perbolehkan lagi mendaftar untuk Distrik Wania. Selanjutnya jika sudah mendaftar untuk PPD, tidak bisa lagi mendaftar untuk PPS.

“Dari hasil pendaftaran, banyak ditemukan peserta yang ganda. Oleh karena itu di minta untuk pilih salah satu,” kata Ocepina.

Khusus untuk Distrik Tembagapura yang saat ini situasi dan kondisinya kurang aman, diberikan kebijakan khusus. Sebab pesertanya lumayan banyak yang terdiri dari beberapa kampung di Tembagapura misalnya Waa, Banti, Tsinga, Opitawak, dan lainnya.

“Kami ada kebijakan khusus untuk Distrik Tembagapura. Ini diberikan karena saat ini kondisinya masih belum aman,”ujarnya.

Usai tes tertulis KPUD akan mengumumkan hasil hasil tes. Selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti tes wawancara yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 November mendatang.

“Selanjutnya akan diumumkan pada 11 November 2017, dan pada 12 November nanti dilakukan pelantikan PPD pada 18 distrik dan PPS pada 19 kelurahan dan 152 kampung,” terangnya.

Nantinya usai tes tertulis, KPUD akan memusnahan soal ujian di depan Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso. Selanjutnya untuk pemeriksaa hasil ujian tes tertulis juga akan dilakukan oleh KPUD sendiri. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment