Rp300 Juta untuk Pemeliharaan dan Pembuatan Marka Jalan

Bagikan Bagikan

John Rettob


SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika mengatakan, untuk pemeliharaan dan pembuatan marka jalan menelan anggaran dana sebesar Rp300 juta. Saat ini pengerjaan difokuskan pada pembuatan marka baru di Jalan Cenderawasih, mulai depan Gereja Katederal Tiga Raja sampai perempatan lampu merah Diana.

“Dari anggaran itu, paling banyak untuk pembangunan marka baru, sedangkan sisanya untuk pemeliharaan di Jalan Cenderawasih,” kata John Rettob ketika ditemui di Hotel Serayu, Jalan Yos Sudarso baru-baru ini.

John menjelaskan, memang saat ini pihaknya sedang berkonsentrasi membangun marka baru di Jalan Cenderawasih, sebab area itu akan dibuat marka zona sekolah berupa garis pada sisi kanan dan kiri jalan, kemudian pada sisi tengah garis putus-putus. Untuk pemeliharaannya tidak dianggarkan dana, mengingat kondisi marka jalan mengalami kerusakan maka pihaknya mengupayakan untuk melakukan pemeliharaan.

“Secara umum didalam penganggaran untuk pemeliharaan tidak ada, tetapi kita bertanggungjawab  untuk Jalan Cendrawasih yang nantinya ada di bangun zona sekolah. Yang berbeda yaitu zona sekolah yang mengikuti peraturan menteri terbaru. Pembuatan zona sekolah dan pemeliharaan akan dilakukan di Jalan Yos Sodarso dan Budi utomo,” terangnya.

Selain marka jalan, juga akan dilakukan pemasangan mata kucing pada beberapa titik-titik jalan di Kota Timika. Pemasangan mata kucing dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada malam hari. Berkaca pada penerangan jalan yang sangat minim di Kota Timika, maka marka jalan seperti pemasangan mata kucing akan sangat membantu pengendara di waktu malam.

Selain itu, juga akan dibuat zebra cross sesuai dengan permintaan masyarakat yang masuk di Dishubkominfo. Apalagi pembuatan zebra cross di Kota Timika terbilang masih minim, sehingga perlu dibuat agar para pejalan kaki dapat menyeberang di tempat yang sudah di tentukan. Hal ini juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa pejalan kaki.

“Untuk zebra croos kita akan fasilitasi sesuai permintaan warga, kebetulan permintaan tersebut banyak sekali. Untuk mata kucing juga dilakukan pemasangan mata kucing 1.500 di jalan poros menuju ke arah Poumako,” tuturnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment