Sabu Seberat 25,95 gram Dimusnahkan

Bagikan Bagikan

Barang bukti sabu seberat 25,95 gram di musnahkan.


SAPA (TIMIKA) - Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Mimika, Rabu (8/11), melakukan pemusnahan barang bukti narkoba dengan jenis sabu seberat 25,95 gram. Barang bukti ini diamankan dari tangan pasangan suami istri yang berinisial R dan N.

Pemusnahan ini digelar didepan Kantor Satreskoba Polres Mimika, Jalan Agimuga – Mile 32. Hadir dalam acara pemusnahan barang bukti ini Kepala Satreskoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kabupaten Mimika yang diwakili Ruben Hohakay dan Kejaksaan Negeri Timika diwakili Johanis Aritonang serta personil Satreskoba.

Pantauan Salam Papua saat acara pemusnahan, dijelaskan kronologi penangkapan kedua pelaku, selanjutnya menggunting amplop coklat yang digunakan untuk menyimpan paket sabu seberat 25,95 gram. Lima paket sabu tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih.

Penangkapan terhadap kedua pelaku ini berdasarkan hasil pengembangan dan kerjasama antara Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Polda Papua. Bermula disaat petugas Satreskoba mendapat informasi dari Makassar terkait pengiriman sebuah paket berisi narkoba jenis sabu melalui salah satu jasa pengiriman. Selanjutnya, Senin (30/10), dilakukan koordinasi dengan pimpinan jasa pengiriman yang dimaksud kemudian mengecek keberadaan barang atau paket kiriman tersebut.

Berselang beberapa saat kemudian, datanglah pelaku N yang merupakan istri dari pelaku R mengambil paketan tersebut. Setelah mengambil paketan, pelaku N kemudian keluar lalu diikuti petugas. Petugas kemudian memeriksa isi paketan dan ditemukan lima paket kecil sabu, pelaku N kemudian diamankan.

Saat diambil keterangannya, pelaku N mengatakan bahwa dirinya bekerja sebagai pembantu di rumah pelaku R yang merupakan suaminya. Dari situ kemudian petugas melakukan penangkapan terhadap pelaku R, namun pelaku N berhasil kabur. Saat ini Polres Mimika telah mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap pelaku N. “Kami periksa dan langsung tangkap pelaku (N) di depan pasar sentral,” terang Kordiali.

Dari hasil pengembangan, petugas mengamankan 1 unit HP Samsung hitam dengan nomor pada sim card 08124709785, 1 resi pengiriman, 1 baju daster coklat, 1 bungkus paketan warna hitam dengan penerima atas nama Siska, 5 bungkus paket besar berisikan serbuk kristal sabu, 1 bungkus paket kecil berisikan serbuk kristal sabu yang total berat keseluruhan 25,59 gram, 1 bendel plastik klip bening kecil, 1 unit HP Blackberry putih dengan nomor pada sim card 08534414551. “Sabu seberat 25,95 gram dan bukti pengiriman, juga HP pelaku,” ujarnya.

Akibat perbuatannya, pelaku R dijerat pasal 112 ayat (1) dan (2), pasal 114 ayat (1) dan (2), Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 35 Tahun 2009, tentang narkotika yang ancaman pidana penjara seumur hidup, paling singkat 12 tahun dan paling lama 20 tahun karena memiliki, menyimpan, menguasai atau menjual narkotika golongan 1 bukan tanaman. Serta denda pidana senilai Rp10 miliar. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment