Salam Papua : Tongoi Papua Maju Bersama dan Berkarya

Bagikan Bagikan

Hari Ulang Tahun, Tongoi Papua ke XI

SAPA(TIMIKA)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke XI, Tongoi Papua mengadakan ibadah syukur bersama yang  di pimpin Pdt. Josephine Suangbraro dan Pdt Emi S Walesasi, MA selaku pembawa Firman Tuhan. Ibadah syukur itu berlangsung di KK Sport Center Kuala Kencana Sabtu (11/11) lalu dengan thema " Tongoi Papua Maju Bersama Dan Berkarya".  

Tampak dalam ibadah HUT  itu  turut hadir perwakilan managemen PT Freeport Indonesia Beny Johannes, Ketua umum Tongoi Papua yang diwakili  Yones Mayau, Ketua Panitia Yonpis Tabuni, Anggota Tongoi Papua serta sejumlah tamu undangan.

Seperti biasanya HUT diawali dengan acara pemotongan kue ulang tahun dan tiup lilin dipimpin  ketua Panitia Yonpis Tabuni, perwakilan managemen PT Freeport Indonesia Beny Johannes, Ketua umum Tongoi Papua yang diwakili  Yones Mayau.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Yonpis Tabuni mengucapkan selamat ulang tahun Tongoi Papua yang ke XI.  Dan dia berharap ke depan dalam kondisi apapun Tongoi Papua akan maju bersama Perusahan PT Freeport Indonesia. Karena Tongoi Papua sudah belajar dari latar belakang yang sulit. Sehingga Tongoi Papua akan terus perkuat terutama di posisi pekerjaan. Dan tidak kesampingkan sisi kualitas dan kuantitas.

 "Jadi kami akan tingkatkan khususnya orang Papua di perusahaan terutama dari sisi jumlah kita harus tingkatkan supaya orang Papua ada rasa memiliki dengan perusahan yang ada," ujarnya.

Ketua Umum Tongoi Papua yang diwakili Yones Mayau juga mengucapkan selamat HUT untuk Tongoi Papua yang ke XI. Diapun mengajak semua anggota Tongoi Papua untuk tidak membeda-bedakan suku, agama rasa atau kelompok tetapi harus saling mendukung dan bahu- membahu antara satu dengan yang lain di dalam perusahan. Dan saat ini di dalan perusahaan terdapat tiga organisaai yang harus bekerja sama dengan baik Serikat Pekerja, Serikat Buruh dan Tongoi Papua.

 "Di mana tiga organisaai ini kita harus bergandengan tangan sama sama maju untuk memperjuangkan hak-hak dan nasib buruh atau pekerja kita di PT Freeport Indonesia. Dan persoalan di tahun-ahun yang sudah berlalu kita tinggalkan dan sekarang mari kita bergandengan tangan satu sama lain dan mendukung perusahaan sampai betul-betul nyaman," ujarnya.

Perwakilan managemen PT Freeport Indonesia Beny Johannes dalam sambutan mengatakan,  tanpa terasa Tongoi Papua sudah berusia 11 tahun dan menaungi ribuan karyawan Papua yang bekerja di lingkungan PT FI. Sehingga pasang surut dalam suatu organisasi tentu sudah dirasakan bersama sama terutama karyawan senior Papua yang turut mendirikan wadah Tongoi Papua.

 Sedangkan karyawan muda Papua kata Beny, banyak hal positif yang muncul dari pikiran Tongoi Papua yang telah terlaksana di perusahaan. Namun kedepan tentu banyak tantangan yang harus dihadapi.

"Pergumulan perusahan dimasa mendatang dan tantangan yang harus kita hadapi bersama  seluruh keluarga besar PT Freeport Indonesia dimana Tongoi Papua termasuk di dalamnya mitra yang sangat penting bagi perusahaan," ujarnya.

Saat ini dikatakan, perusahaan masih menghadapi situasi yang tidak pasti dalam proses negosiasi dengan pemerintah. Tetapi managemen PT FI sangat menghargai niat baik pemerintah untuk dapat menyelesaikan proses negosiasi secara tepat waktu. 

Namun di tengah situasi yang penuh ketidak pastian ini juga harus dapat menjalankan bisnis perusahaan secara cermat dan memastikan bahwa kelangsungan peruasahaan dapat lanjut dalam jangka panjang. 

Selain itu tantangan lain yang di hadapi sekarang adalah peningkatan gangguan keamanan di wilayah kerja di dataran tinggi dalam beberapa waktu terahkir . Berbagai upaya telah dilakukan dengan dukungan pihak aparat keamanan untuk menciptakan rasa aman bagi pekerja.

"Untuk itu kami mohon dukungan khususnya keluarga besar Tongoi Papua untuk membantu kelancaran upaya pengamanan yang dilakukan oleh aparat keaman yang bertugas di dataran tinggi. Dan komitmen perusahaan sangat jelas yaitu mengutamakan keselamatan seluruh karyawan yang berada di lingkungan perusahaan.  

Saat ini juga perusahan telah melakukan proses perundingan dengan SPSI untuk pembaruan PKB yang baru dengan thema yang dalam kesepakatan kita bagaimana, kita semua dapat menjunjung keberlangsungan bekerja dan bukan semata untuk kenaikan upah yang melampau kemampuan perusahaan tetapi semua boleh berjalan atas negosiasi dengan baik," katanya.

Dari pantauan media ini untuk memeriahkan HUT, panitia menyiapkan sejumlah kegiatan menarik diujung acara seperti tarian-tarian adat Kamoro, main bola serta berbagai macam doorprice yang dipersembahkan  panitia. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment