Salam Timika : Digalakan Program Pembangunan Kampung Adat

Bagikan Bagikan

Anggota DPRP Papua, Martin

SAPA (TIMIKA) -  Anggota Dewan Perwakilan Papua (DPRP)  Martin  mengatakan,  Papua akan menggalakan program  membangun kampung adat. Pembangunan kampung adat ini sasarannya  meningkatkan sektor pembangunan yang berkesinambungan. Rencananya akan dilakukan diseluruh Provinsi Papua dan tidak terkecuali Kabupaten Mimika.

“Tahun depan program pembangunan kampung adat sudah harus ada. Hal ini penting untuk meningkatkan pembangunan disetiap Kabupaten/Kota di Papua. Karena hal ini bagian dari pembangunan,” kata anggota DPRP Papua kepada Salam Papua ketika ditemui saat reses kerja di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika di kawasan Jalan Cenderawasih, Jumat (10/11) lalu.

Dia menjelaskan program kampung adat itu diadopsi dari pola pembangunan kampung adat yang sudah nyata di bangun di Bali. Kampung adatnya bagus karena searah dan menjawab kebutuhan warga kampung.  Selain itu, pendekataan pembangunan kampung adat itu menciptakan keseimbangan dan keharmonisan antara  alam, tumbuhan dan manusia. Tiga kategori ini di hormati tapi bukan mendewakannya. Sehingga rasanya itu damai, orangnya bagus, dan itu menjadi sarana untuk mengikat hidup yang lebih baik.

“Program kampung adat itu sudah nyata di Provinsi Bali. Tidak ada salahnya hal yang sama juga akan diterapkan di Provinsi Papua,” ujarnya.

Dia mengatakan, di Kabupaten Mimika pembangunan kampung adat harus dibuat. Papua dipacu dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), hal seperti itu perlu di terapkan di daerah ini.
“Di Timika juga harus dibuat. Hal itu perlu dibuat untuk perubahan dalam pembangunan. Tahun  2018 tidak ada cerita lagi untuk tidak membuat programnya. Tahun 2017  sudah harus direncanakan dan tahun 2019 sudah harus dimasukkan ke Rencana Kerja Anggaran (RKA),” katanya. 


Dia menyebutkan, apabila  memasuki tahun 2019 sudah masuk ke RKA, di situ nanti di godok,dilihat dan dipelajari semu. Sehingga, pada tahun 2019 sudah mulai kerja dan dikerjakan oleh rekanan yang pasti.  

“Saya pikir untuk tahun 2019 sudah tidak ada lagi kamu masukkan ini dan itu. Semua program sudah di susun dengan matang.  Sudah tidak bisa memasukkan program yang tidak jelas dan memasuki tahun yang baru program sudah langsung berjalan,” katanya. (Tomy).
 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment