Sosok Perempuan Siap Pimpin Mimika

Bagikan Bagikan


Maria F Kotorok, sosok Perempuan yang siap jadi pemimpin
SAPA (TIMIKA) – Satu-satunya sosok perempuan siap bertarung memperebutkan kursi nomor satu untuk memimpin Kabupaten Mimika. Rabu (19/11), pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Maria Florida Kotorok dan Yustus Way, menyerahkan dokumen persyaratan dukungan melalui jalur perseorangan ke KPUD Mimika untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Usai penyerahan berkas dukungan, Maria mengatakan bahwa dirinya merupakan satu-satunya perempuan yang sudah menyerahkan dokumen dukungan untuk maju pada Pilkada serentak 2018. Melalui rangkaian agenda politik, Maria ingin membuktikan adanya kesetaraan gender baik perempuan maupun laki-laki untuk memiliki kesempatan yang sama dipilih menjadi pemimpin daerah.

“Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa memimpin daerah ini. Apalagi Mimika ini memiliki potensi yang belum optimal dikembangkan. Karena itu kami minta dukungan kepada semua pihak untuk pencalonan ini,” katanya.

Pasangan Maria Florida Kotorok dan Yustus Way dalam dokumennya menyerahkan sebanyak 22.800 dukungan KTP yang telah dimasukkan ke dalam Sistim Pencalonan Perseorangan (Silon) KPU. Jumlah dukungan tersebut, kata dia, tersebar pada 10 distrik yang ada di Kabupaten Mimika.

Disaat penyerahan dokumen dukungan, Maria sempat menanyakan kepada Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote. JIka kekurangan persyaratan dalam dokumen, apakah masih ada waktu untuk melakukan perbaikan, sementara waktu penyerahan berkas dukungan berakhir 29 November kemarin.

Menjawab pertanyaan itu, Derek mengatakan saat ini adalah tahapan penyerahan dokumen dukungan persyaratan pencalonan dari jalur perseorangan. Setelah itu, untuk perbaikan persyaratan KPUD akan berkoordinasi dengan penghubung jika terjadi kekurangan dukungan KTP.

“Kami akan berhubungan dengan penghubung, bukan dengan bakal calon. Karenanya harus ada mandat yang diberikan kepada penghubung,” kata Derek.

Setelah tahapan penyerahan dokumen, akan dilanjutkan penelitian dokumen pasangan calon yang dijadwalkan sejak 25 November 2017 hingga 3 Januari 2018. Saat penelitian dokumen akan dilakukan beberapa hal seperti penelitian berkas, DP4, penggandaan, dan faktual pada PPS.

“Jadi masih bisa dilakukan perbaikan, apabila terjadi pendobelan atau kekurangan,” jelasnya.
Sementara itu, Yustus Way menambahkan, dirinya maju berpasangan dengan Maria karena keinginan adanya perubahan di Mimika, khususnya di pemerintahan. Pasangan ini menginginkan pemerintahan yang bersih, sehat, dan tertib.

“Kalau kami terpilih nanti, kami ingin menempatkan pejabat sesuai latar belakang pendidikannya. Sehingga program atau kinerja dari pemerintahan bisa lebih optimal,” katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment