Tajuk : Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

Bagikan Bagikan


 TIDAK banyak orang yang tahu, tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Untuk peringatan HKN ke 53  tahun 2017 ini digelar dibawa tema Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku. Tema ini menggambarkan hidup sehat itu harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Jika seluruh keluarga di Indonesia sehat, maka dengan sendirinya Indonesia akan menjadi sehat juga.

Permasalahannya, bagaimana tema ini bisa terwujud, bila pemerintah melalui dinas atau instansi terkait kurang mensosialisasikan pelaksanaan HKN, termasuk tema tersebut kepada keluarga-keluarga yang juga adalah masyarakat. Di Kabupaten Mimika misalnya, HKN ini hampir tidak terdengar. Kalau sudah seperti ini, bagaimana tema tersebut bisa direalisasikan keluarga-keluarga yang ada di kabupaten ini. Kalau keluarga-keluarga di kabupaten ini tidak sehat, dengan sendirinya kabupaten ini tidak sehat, dan sudah pasti Sehat Indonesiaku tidak akan terwujud.

Untuk tingkat nasional, peringatan HKN ke 53 oleh Kementerian Kesehatan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu, 12 November 2017. melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Momen ini digunakan JK membagikan kiat hidup sehat. Salah satunya adalah hidup bahagia. "Hidup gembira, jangan stress. Kalau seperti itu, bakal strong juga," ujar pria asal Makassar itu.
Menurut JK, hidup bahagia juga merupakan kunci dari hidup sehat. Jika seseorang tidak bahagia dengan hidupnya, cenderung berlanjut menjadi stress yang kemudian memicu sakit. Selain hidup gembira, kiat hidup sehat lainnya adalah membiasakan untuk makan-makanan sehat. Rajin makan buah dan sayur-sayuran.

JK mengatakan ia tidak melarang masyarakat makan makanan yang enak seperti makanan yang berlemak. Makan-makanan berlemak boleh saja, tetapi jangan terlalu sering. Kalau memungkinkan, cukup satu minggu sekali.  Ia mencontohkan tak masalah jika makan kaledo. “Makan aaledo gak apa, tapi jangan setiap hari. Itu penuh lemak,” kata JK.  

Kaledo adalah kependekan dari “kaki lembu Donggala”,  makanan khas Sulawesi Tengah yang berbahan dasar kaki lembu dengan penampilan seperti sop buntut namun penuh sumsum. Coto juga. “Yang dari Makassar, tuh," ujar JK. Coto adalah sup yang berisi jeroan sapi.

JK menambahkan bahwa budaya makan makanan sehat juga harus dipraktikan terhadap anak kecil. Hal itu menyusul masih banyaknya anak-anak Indonesia yang pertumbuhannya terhambat alias stunting. "Makan sehat itu penting bagi generasi muda. Jangan tidak, nanti stunting, pertumbuhan otak juga terhambat," ujar JK.

Kiat terakhir dari JK adalah menjaga lingkungan tempat tinggal. Bencana-bencana alam seperti banjir, kebakaran hutan, dianggapnya sumber masalah kesehatan.
"Saya ingin tegaskan, kesehatan diawali dengan kegiatan hidup sehat.” Bukan diawali dari masuk rumah sakit. “Rumah sakit adalah tempat terakhir."

Inti dari yang dipesankan Wapres JK ini adalah hidup sehat harus dimulai dari rumah tempat tinggal keluarga. Dan rumah sakit harus menjadi tempat terakhir untuk hidup sehat. Bila gagal, maka rumah sakit akan menjadi tempat menghembuskan napas terakhir.

Kiat hidup sehat lain yang harus diterapkan dalam keluarga adalah makan makanan berserat, banyak minum air putih dan rajin berolahraga. Membangun komunikasi yang harmonis antaranggota keluarga juga menjadi salah satu kunci terciptanya hidup sehat dalam keluarga. Setiap anggota keluarga juga hendaknya tidak menjadi pemicu hidup tidak sehat bagi anggota keluarga yang lain. Misalnya anggota keluarga yang suka merokok, hendaknya merokok pada tempat yang terbuka, dalam dalam ruang keluarga, apalagi dalam kamar tidur. Anggota keluarga lainnya akan menjadi korban perokok pasif dan hal tersebut sangat membahayakan kesehatan.

Masing-masing anggota keluarga, terlebih kepala keluarga harus menjadi contoh hidup sehat bagi istri dan anak-anak. Jauhkan diri dari minuman keras (miras) dan narkoba juga merupakan contoh hidup sehat yang bagi anggota keluarga. Cuci tangan sebelum makan, rajin mandi, makan tepat waktu, istirahat yang cukup dan teratur serta memastikan rumah bersih juga penting dilaksanakan untuk mewujudkan hidup keluarga yang sehat.  

Marilah kita realisasikan tema HKN tahun ini, Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku, mulai dari diri kita, dari keluarga kita. (yulius lopo)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment