Transportasi Kota Belum Berjalan Baik, 4 Halte Mangkrak

Bagikan Bagikan


John Rettob


SAPA (TIMIKA – Terdapat empat halte di dalam Kota Timika pembangunanya mangkrak. Ini disebabkan transportasi angkutan kota hingga kini belum berjalan dengan baik. Jika transportasi angkutan kota sudah berjalan baik maka, keempat halte tersebut bisa difungsikan. Empat halte ini dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Halte mangkrak ini sebenarnya tidak perlu, tetapi masuk dalam DAK sehingga harus di pasang di titik-titik yang disesuaikan dengan angkutan. Persoalannya kita belum memperbaiki sistem angkutannya. Sekarang halte itu sudah masuk dalam master plan untuk Bus Rapit Transit (BRT) kedepannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, John Rettob saat ditemui wartawan di salah satu hotel bilangan Jalan Yos Sudarso, Senin (6/11).

Walaupun sistem angkutan belum berjalan baik, namun kerjasama dengan pihak Damri masih terus berjalan untuk rute di Kwamki Narama, PT PAL (Trans Nabire), Miyoko dan SP 6 (Kampung Naena Muktipura). Dimana rute-rute tersebut di subsidi pemerintah.

Karena halte-halte ini belum aktif, sehingga di buat master plan untuk BRT yang rencana diberikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 16 unit. Meskipun master plan sudah ada, harus didukung melalui kerjasamanya infrastruktur jalan.

“Persoalan kita, koridor kita ini kendala dengan tempat masyarakat yang harus kita bebaskan. Tetapi kalau hanya menjalankan BRT saja, tahun 2019 sudah bisa dijalankan. Namun, jika tunggu insfrastuktur maka prosesnya akan lama,” kata John. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment