Tutup Defisit Anggaran, Pemkab Pinjam ke PTFI

Bagikan Bagikan

Bupati Eltinus Omaleng.


SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, Pemkab Mimika akan terus berupaya untuk menutup defisit anggaran sebesar Rp766 miliar.

"Kita masih berjuang, kalau bisa kita pinjam uang ke PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk tutup defisit anggaran," kata Bupati Mimika kepada wartawan di Pendopo Rumah Bupati, Jumat (3/11).

Bupati menjelaskan, apabila upaya pemkab ke Freeport tidak berhasil maka, akan dilakukan pembahasan ulang untuk bagaimana mengurangi program-program yang ada di masing-masing dinas.

"Kalau dari Freeport tidak ada sama sekali maka kita bahas ulang untuk kurangi program di setiap dinas," katanya.

Menurut Bupati, defisit anggaran terjadi bukan pengaruh dari sumber pendapatan, melainkan karena banyaknya program yang direncanakan, sehingga itu perlu dikurangi.

"Sehingga nilai-nilai proyek nanti kita bisa kurangi. Agar dana yang ada dapat disesuaikan dan bisa kita jalankan. Memang kita punya keinginan Rp3 triliun (APBD 2018), tapi dengan defisit ini kembali ke Rp2 triliun. Sehingga kita akan kurangi proyek dari tiap dinas yang tidak sesuai," ujarnya.

Menurutnya bahwa, defisit anggaran ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Mimika, tetapi secara nasional terjadi di seluruh Indonesia.

"Sebenarnya defisit ini tidak ada masalah karena bukan cuma Mimika sendiri, tetapi seluruh Indonesia. Jadi kalau ada yang bantu, kita bisa tutupi defisit. Tetapi ini juga beban ke kita," ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment