Warga Inauga Meminta Akses Jalan Lorong Diperbaiki

Bagikan Bagikan
Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid
SAPA (TIMIKA) - Mayoritas warga di Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Inauga meminta adanya perbaikan akses jalan pada lorong-lorong di wilayah itu. Hal tersebut disampaikan warga dalam kegiatan reses yang dilaksanakan anggota dewan ke beberapa lokasi pemukiman warga disekitaran Jalan Hasanuddin, Timika.

Ungkapan tersebut disampaikan langsung kepada Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid dalam kegiatan reses di Gang Sahabat, area Irigasi, Jalan Hasanuddin dan depan Pasar Sentral. Masyarakat sekitar situ sangat membutuhkan perbaikan jalan pada lorong-lorong sebagai akses menuju ke rumah-rumah warga.

"Masyarakat di tempat ini yang paling urgen mereka membutuhkan jalan yang layak. Karena mereka warga yang ada di situ sudah lebih dari 1.000-2.000 orang dan mereka membutuhkan ada jalan yang layak, tailing ataupun aspal. Akses jalan lorong itu penting," kata Saleh usai melakukan kegiatan reses di salah satu kompleks depan Pasar Sentral, Jalan Hasanuddin, Sabtu (25/11).

Tidak hanya akses jalan yang menjadi keinginan warga. Saluran air atau drainase juga sangat diperlukan, agar diwaktu hujan pemukiman warga tidak tergenang dengan air. Selanjutnya juga, ada permintaan agar kendaraan sampah bisa menjangkau pemukiman warga di wilayah itu, serta bantuan pembangunan tempat-tempat ibadah yang sudah ada dan sedang dalam pembangunan.

"Mereka juga minta supaya ada Prona (Program nasional) terkait pertanahan itu, ingin memperoleh sertifikat gratis," ujarnya.

Dari hasil kegiatan reses, nantinya anggota dewan melalui sekretariat dewan (Setwan) akan membuat surat untuk disampaikan ke pemerintah daerah, dalam hal ini dinas terkait. Di mana melalui kegiatan reses, dewan secara langsung telah menjaring aspirasi dari masyarakat untuk selanjutnya disampaikan dan ditindaklanjuti pemerintah melalui dinas terkait, sebelum nantinya menyusun program tahun berikutnya.

"Reses ini, kita juga akan meminta kepada pemerintah untuk merespon hasil reses. Karena hasil reses ini adalah hasil langsung dari aspirasi rakyat," katanya.

Dia menambahkan, agar pemerintah dapat memberi respon cepat atas permintaan masyarakat. Apalagi permintaan tersebut merupakan kebutuhan mendesak masyarakat setempat.


"Mereka tidak diminta dibuatkan gedung, dibuatkan rumah, mereka hanya minta dibuatkan jalan sebagai akses. Jadi, saya pikir ini menjadi aspirasi rakyat, pemerintah wajib untuk ikut serta dalam merespon apa yang diinginkan rakyat melalui hasil reses anggota dewan ini," tambahnya. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment