3.274 Karyawan Mengundurkan Diri, Dapat Kebijakan Kemanusiaan dari Freeport

Bagikan Bagikan

Lukas Seleo
SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 3.274 karyawan yang dianggap mengundurkan diri karena melakukan aksi mogok tidak sesuai prosedur beberapa waktu lalu, akhirnya mendapat kebijakan kemanusiaan dari PT Freeport Indonesia (PTFI).

Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SP KEP SPSI) PT Freeport Indonesia (PTFI) Lukas Saleo ketika dihubungi Senin (25/12) malam mengatakan, kebijakan kemanusiaan ini tertuang dalam Kesepakatan Bersama (Mutual Agreement) antara PT Freeport Indonesia yang diwakili oleh Achmad Ardianto) dalam jabatan selaku Direktur (Pihak Pertama) dan Pimpinan Pusat SP KEP SPSI dalam hal ini berdasarkan Surat Mandat Khusus tertanggal 24 Oktober 2017 dari PUK SP KEP SPSI PT Freeport Indonesia, diwakili oleh R. Abdullah, Ferri Nuzarti, Saepul Anwar dan Afif Johan (Pihak Kedua), tertanggal 21 Desember 2017 di Jakarta.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani oleh Achmad Ardianto (Pihak Pertama), sementara Pihak Kedua, R Abdullah dan Ferri Nuzarti.

Menurut Lukas, dalam Kesepakatan Bersama ini, Pihak Pertama menjelaskan bahwa (1) Hubungan Kerja antara Pihak Pertama dan 3.274 pekerja berakhir karena dianggap mengundurkan diri. (2). Atas berakhirnya hubungan kerja tersebut, Pihak Pertama telah membayarkan hak-hak mereka yang terdiri dari uang pisah dan uang penggantian hak sesuai Pasal 156 (4) UU No. 13 tahun 2003.

Namun jelas Lukas, Pihak Kedua meminta kepada Pihak Pertama agar dapat mempertimbangkan suatu kebijakan yang memperhatikan kemanusiaan dan pengabdian dari 3274 pekerja tersebut. Setelah mempertimbangkan keinginan Pihak Kedua tersebut, Pihak Pertama menawarkan kepada Pihak Kedua sebagai berikut: (a). Kebijakan atas dasar kemanusiaan dan pengabdian dengan formula sebagaimana tercantum dalam Kesepakatan ini. (b). Pelunasan sebagian pinjaman, (c). Saving plan dan DPPK bagi yang berhak, (d). Surat keterangan bekerja, (e). Bantuan pengurusan klaim pembayaran JHT BPJS Ketenagakerjaan dan (f). Peluang bekerja di perusahaan kontraktor.

Pihak Kedua menerima dan menyetujui kebjjakan yang diusulkan Pihak Pertama di atas. Berdasarkan hal-hal di atas, Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat untuk menuangkan kesepakatan di antara mereka dalam Kesepakatan Bersama ini dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut.

Dalam pasal 1 tentang Besaran Kebijakan, Pihak Pertama akan membayarkan kebijakan sebagai berikut. Untuk masa kerja 0 sampai 5 tahun diberi 1  ½ upah pokok, di atas 5 tahun sampai 10 tahun diberi 2 ½ upah pokok, di atas 10 tahun sampai 15 tahun 3 bulan upah pokok, di atas 15 tahun sampai 20 tahun 3 ½ upah pokok, di atas 20 tahun sampai 25 tahun 4 bulan upah pokok, di atas 25 tahun dan seterusnya 4 ½ upah pokok.

Bagi yang menerima dan menyetujui kesepakatan di atas, wajib menandatangani Kesepakatan Bersama perseorangan dengan Pihak Pertama selambat-lambat 120 hari sejak tanggal ditandatanganinya Kesepakatan ini. Kebijakan di atas akan dibayarkan selambat-lambatnya 30 hari setelah tanggal penandatangan kesepakatan bersama perseorangan dengan Pihak Pertama.

“Ini perjuangan yang sudahkami upayakan untuk membantu teman-teman. Kami dari PUK berharap isi kesepakatan ini diterima oleh seluruh eks karyawan,” kata Lukas.
Sirhan Salilama

Sementara Sekretaris PUK SP KEP SPSI PTFI, Sirhan Salilama mengatakan, PT Freeport juga memberi tambahan kebijakan (Pasal 2) bagi eks karyawan yang memiliki masa kerja sampai lima tahun berupa seluruh sisa pinjaman dari Pihak Pertama dihapus. Pekerja akan menerima selisih kebijakan pada Pasal 1 setelah dikurangi pelunasan atas seluruh sisa pinjaman dari Pihak Pertama dengan ketentuan tetap menerima kebijakan sebesar 1 ½ bulan upah pokok dan sisa pinjaman dari Pihak Pertama akan dihapus.

Sementara untuk Saving Plan dan DPPK (Pasal 3),  kata Sirhan, selain menerima kebijakan pada Pasal 1, eks karyawan juga akan menerima (a). Saving Plan bagi yang mengikuti Saving Plan dan (b). DPPK PT Freeport Indonesia bagi yang memiliki masa kerja 4 tahun atau lebih.

Sirhan menjelaskan, pasal 4 mengatur tentang pemberian Surat Keterangan Bekerja. Pasal 5 tentang Pengurusan Klaim JHT. Pasal 6 tentang peluang untuk bekerja di perusahaan kontraktor dengan syarat memenuhi persyaratan dari perusahaan kontraktor. Pasal 7 menyebutkan, Bagi yang menolak Kesepakatan ini berhak menempuh upaya hukum sesuai UU No. 2 tahun 2004.

“Kami sangat berharap agar semua bisa menerima kesepakatan ini, apalagi sudah ada kebijakan dari perusahaan yang memperhatikan sisi kemanusiaan dan pengabdian para pekerja selama ini, terlebih penghapusan utang yang nilainya cukup besar. Namun bagi yang menolak kesepakatan ini dan mau menempuh jalur hukum tetap akan kami dampingi, walau prosesnya akan memakan waktu cukup panjang dan hasilnya masih sulit ditebak,” kata Sirhan.

Menurut Sirhan, pertemuan Kesepakatan Bersama ini selain dihadiri PTFI, Pimpinan Pusat SP KEP SPSI dan PUK SP KEP SPSI PTFI, juga hadir perwakilan dari DPR RI, Jefri Hansen dari Ditjen Minerba, John Saragih dan Feryando Agung dari Kemenaker dan Kadisnaker Kabupaten Mimika, Rony S. Maryen. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

12 komentar:

  1. Kalian2 muka2 penjilat perusaan tunggu saja nanti waktu akan ada azab yg akan membunuh kalian semua,ingat doa org yg kalian sdh injak2 atas perintah management.

    ReplyDelete
  2. SPSI LukasCS Otak nangka .. Kalian dengan management semua sama . 1.1/2 - 4.1/2 basik ambil saja buat kalian untuk beli PETIH MATI dan TANAH KUBURAN

    ReplyDelete
  3. Kalian yang terlibat membuat keputusan /atau yang kalian anggap kebijakan kemanusiaan itu telah melanggar hukum, kalian telah melakukan pembodohan terhadap karyawan yang di anggap PHK sepihak, karena mereka melakukan aksi mogok sudah melalui prosedur dengan surat ijin melakukan aksi mogok.

    ReplyDelete
  4. pinjaman pinjaman !! pinjaman !!!
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
    Kemudian kirimkan email ke: (amandaafredoloan42@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman

    ReplyDelete
  5. Karyawan PTFI yang tergabung dalam aksi mogok kerja sah, sejak awal dengan tegas menolak Lukas Saleo Cs dan R. Abdullah sebagai perwakilan karena mereka adalah boneka manajemen lokal PTFI.

    Ingat dan camkan...!!!
    Perjuangan para peserta mogok kerja sah belum selesai, sampai jumpa di akhir pertandingan.

    ReplyDelete
  6. Terbentuknya struktur kepengurusan PUK SP KEP SPSI dibawah kepemimpinan Lukas Saleo tidak luput dari campur tangan manajemen lokal PTFI, dan Lukas Saleo Cs sepenuhnya dibawah kendali manajemen.

    Dengan demikian maka apa pun yang dilakukan Lukas Saleo cs, maksud dan tujuannya sudah sangat jelas bahwa mereka akan memuluskan/mendukung sepenuhnya semua rencana licik manajemen terhadap karyawan yang sementara melakukan aksi damai mogok kerja sah.

    Terbukti dalam nota kesepakatan yang dihasilkan saat melakukan bipartit sebagaimana yang diulas pada artikel ini, pokok pembahasan hanya tertuju pada aksi spontanitas yang kemudian berujung pada aksi mogok kerja. Sedangkan inti dari permasalahan yaitu program furlough yang dilakukan manajemen lokal PTFI sama sekali tidak diungkap dalam pertemuan tersebut.

    Ingat...! Aksi spontanitas yang berujung pada mogok kerja 8300 karyawan terjadi akibat dari adanya program furlough yang diberlakukan manajemen lokal PTFI. Tidak ada asap kalau tidak ada api, tidak ada spontanitas/mogok kerja kalau tidak ada furlough (sebab-akibat). Seharusnya inti dari permasalahan yaitu furlough yang harus dibahas, bukan spontanitas/mogok kerja.

    Perlu kita pahami, bahwa program furlough terbukti tidak dikenal dalam UU Ketenaga Kerjaan RI nomor 13 tahun 2003 dan Perjanjian Kerja Bersama PTFI, serta manajemen lokal PTFI tidak melibatkan perwakilan pekerja (PUK SPSI PTFI pimpinan bung Sudiro) dalam pembahasan dan pelaksanaannya.
    Maka timbul pertanyaan, siapa yang menabrak aturan? Tentu dengan sangat jelas adalah manajemen lokal PTFI, bukan pekerja.

    R. Abdullah dan Lukas Saleo cs dengan tegas kami sampaikan bahwa meraka tidak mendapatkan mandat advokasi dari mayoritas karyawan yang tergabung dalam aksi mogok kerja sah. Kalian sudah berhasil mempengaruhi segelintir orang dari saudara seperjuangan kami, namun jangan pernah berharap akan mendapatkan mandat advokasi dari mayoritas karyawan mogok kerja sah alias PEJUANG KESJAHTERAAN.......!!!

    ReplyDelete
  7. Tuhan memberkati dan menyertai saudara Aser Gobai cs dan saudara Haris Azhar, serta semua yang tergabung dalam tim kuasa hukum Lokataru.

    Kami karyawan PTFI, Privatisasi, Kontraktor dan Sub kontraktor yang tergabung dalam aksi damai Mogok Kerja sah mempercayakan sepenuhnya kepada saudara Aser Gobai cs dan saudara Haris Azhar beserta tim Lokataru, atas penyelesaian permasalahan yang sedang dialami karyawan Mogok Kerja saat sekarang ini.

    Serta mendukung sepenuhnya apa pun langkah yang akan dan sudah dilakukan oleh saudara Aser Gobai cs dan tim kuasa hukum Lokataru yang dipimpin saudara Haris Azhar, termasuk penyelesaian permasalahan melalui JALUR HUKUM. Kami sudah siap dengan segala konsekuensinya untuk mengungkap KEBENARAN dan mendapatkan KEADILAN.

    Kiranya kasih karunia pengampunan dan hikmat dari pada Tuhan, turun atas saudara R. Abdullah dan saudara Lukas Saleo cs serta manajemen lokal PTFI. Sehingga secepatnya menyadari segala perbuatan yang sudah dilakukan yang tidak berkenan dihadapan Tuhan dan menyakiti hati sesama manusia, agar kembali ke jalan yang benar selagi Tuhan yang empunya kuasa masi memberi kesempatan hidup di dunia ini.
    Amin....

    ReplyDelete
  8. IBLIS JADI2AN!!!
    ingat,, doa org terdzlimi akan di dgr sm Tuhan. . Semakin lama klian AKTING UNTUK MENUTUPI KESALAHAN, semakin BANYAK pula dosa yg kalian perbuat, SEMAKIN banyak juga doa serta kutukan yg DATANG menghampiri kalian!! Mungkin skrang kalian tertawa lepas diatas pendritaan kami dan berharap kita menyerah, kita liat saja. . SKENARIO KALIAN ATAU SKENARIO TUHAN YANG LEBIH AMPUH!!!!!!

    ReplyDelete
  9. Hah2 mereka harus di bayar bukan management seenaknya sj di lakukan

    ReplyDelete
  10. PINJAMAN PINJAMAN BERLAKU SEKARANG CEPAT DAN DINAMIS.
    Selamat siang, saya Susil Nabi dengan nama dan saya tinggal di Indonesia, saya tertarik untuk berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah ditipu sehingga saya menjadi putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman secara online kemudian saya melihat komentar dari seorang teman bernama PENDU FAJAR (pendufajar@gmail.com) dan dia berbicara tentang perusahaan pinjaman yang sah ini di mana dia mendapat pinjaman cepat dan mudah tanpa tekanan sehingga dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Nyonya CHERYL yang mengendalikan perusahaan bernama CHERYL MARTINS LOAN FIRM, Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman total (Rp 899.000.000,00) dengan suku bunga rendah 1%, sehingga pinjaman disetujui dan setelah proses berikut sedang dilakukan oleh perusahaan dengan 24 jam dana saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya yaitu bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman saya untuk menjaga bisnis saya tetap berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya jadi saya terburu-buru Pastikan semua orang tertarik dalam mendapatkan pinjaman cepat dan mudah untuk menghubungi mereka melalui email: {cheril.marti nsloanfirm@gmail.com} untuk mendapatkan pinjaman apa pun yang Anda butuhkan hari ini, Anda masih dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut Email saya: (susilnabi@gmail.com) terima kasih telah membaca kesaksian yang terbesar dalam hidup saya.

    ReplyDelete
  11. PINJAMAN PINJAMAN BERLAKU SEKARANG CEPAT DAN DINAMIS.
    Selamat siang, saya Susil Nabi dengan nama dan saya tinggal di Indonesia, saya tertarik untuk berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah ditipu sehingga saya menjadi putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman secara online kemudian saya melihat komentar dari seorang teman bernama PENDU FAJAR (pendufajar@gmail.com) dan dia berbicara tentang perusahaan pinjaman yang sah ini di mana dia mendapat pinjaman cepat dan mudah tanpa tekanan sehingga dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Nyonya CHERYL yang mengendalikan perusahaan bernama CHERYL MARTINS LOAN FIRM, Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman total (Rp 899.000.000,00) dengan suku bunga rendah 1%, sehingga pinjaman disetujui dan setelah proses berikut sedang dilakukan oleh perusahaan dengan 24 jam dana saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya yaitu bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman saya untuk menjaga bisnis saya tetap berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya jadi saya terburu-buru Pastikan semua orang tertarik dalam mendapatkan pinjaman cepat dan mudah untuk menghubungi mereka melalui email: {cheril.martinsloanfirm@gmail.com} untuk mendapatkan pinjaman apa pun yang Anda butuhkan hari ini, Anda masih dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut Email saya: (susilnabi@gmail.com) terima kasih telah membaca kesaksian yang terbesar dalam hidup saya.

    ReplyDelete
  12. PINJAMAN PINJAMAN BERLAKU SEKARANG CEPAT DAN DINAMIS.
    Selamat siang, saya Susil Nabi dengan nama dan saya tinggal di Indonesia, saya tertarik untuk berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam hidup saya setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan telah ditipu sehingga saya menjadi putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman secara online kemudian saya melihat komentar dari seorang teman bernama PENDU FAJAR (pendufajar@gmail.com) dan dia berbicara tentang perusahaan pinjaman yang sah ini di mana dia mendapat pinjaman cepat dan mudah tanpa tekanan sehingga dia memperkenalkan saya kepada seorang wanita bernama Nyonya CHERYL yang mengendalikan perusahaan bernama CHERYL MARTINS LOAN FIRM, Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman total (Rp 899.000.000,00) dengan suku bunga rendah 1%, sehingga pinjaman disetujui dan setelah proses berikut sedang dilakukan oleh perusahaan dengan 24 jam dana saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya yaitu bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman saya untuk menjaga bisnis saya tetap berjalan dan juga untuk membayar tagihan saya jadi saya terburu-buru Pastikan semua orang tertarik dalam mendapatkan pinjaman cepat dan mudah untuk menghubungi mereka melalui email: {cheril.martinsloanfirm@gmail.com} untuk mendapatkan pinjaman apa pun yang Anda butuhkan hari ini, Anda masih dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut Email saya: (susilnabi@gmail.com) terima kasih telah membaca kesaksian yang terbesar dalam hidup saya.

    ReplyDelete