BBPOM Jayapura Rencana Buka Perwakilan di Timika

Bagikan Bagikan
BBPOM melakukan sosialisasi di Hotel Horison Ultima Timika

SAPA (TIMIKA) - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Jayapura, Provinsi Papua, Dra. Mudi Yunita, Apt mengatakan, pihaknya berencana membuka kantor perwakilan BBPOM di wilayah pegunungan termasuk di Mimika. Hal itu setelah melihat pertimbangan-pertimbangan beberapa indikator guna membantu pengawasan BBPOM di Jayapura, sehingga kegiatan pengawasan yang dilakukan bisa efektif dan efesien.

“Untuk mendirikan kantor BPOM itu diatur dalam Perpres. Jadi untuk pemilihan kabupaten, itu yang memang harus benar-benar dipertimbangkan jumlah sarana, jumlah kasus, jumlah penduduk, serta keterjangkauan untuk kabupaten lain. Itu memang kita masih bingung, apakah akan dibentuk di Wamena atau Timika,” kata Mudi saat ditanya Salam Papua usai mengikuti kegiatan sosialisasi di Hotel Horison, Jalan Hasanuddin, Senin (4/12).

Oleh karenanya, BBPOM perlu pertimbangan dan membutuhkan waktu untuk menentukan itu. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut, BBPOM sudah bekerjasama dengan Pemkab Mimika melalui Dina Kesehatan (Dinkes) sebagai perpanjangan tangan BBPOM untuk mengawasi peredaran obat dan makanan.

"Sementara waktu ini kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika untuk melakukan PPT training, untuk petugas Dinas Kesehatan yang ada di Puskesmas dan di gudang farmasi. Supaya mereka bisa dan mampu melakukan pengawasan, itu yang bisa kita lakukan,” terangnya.

Selain bekerjasama dengan dinas terkait di kabupaten, melalui kegiatan sosialisasi masyarakat juga akan diberikan pemahaman melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) guna menangkal barang-barang illegal dan berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut dinilai lebih efesien dan efektif sesuai dengan program pemerintah, dibandingkan mendirikan kantor BBPOM disuatu daerah.


"Di wilayah Papua ada dua BBPOM pertama di Jayapura dan Merauke, untuk selanjutnya kami masih pertimbangkan untuk membuka di wilayah Timika atau Wamena," ungkapnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment