Diskusi Pokja KLHS dan RTRW Sepakati Sejumlah Usulan

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) -  Diskusi fokus kelompok kerja (Pokja)  Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)  dan Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW) yang diselenggarakan oleh Usaid Lestari  dan  bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda)  dan Balai Lingkungan Hidup (BLH) menyimpulkan lebih dari satu  usulan dan rekomendasi. 
Diskusi Pokja KLHS dan RTRW di Hotel Cenderawasih 66 Timika 
Koordinator Lestari Lorentz Lowland, Dendy Sofyandy mengatakan, beberapa hal yang menjadi poin dalam pembahasan tiap Pokja ialah, Isu strategis pembanguan berkelanjutan, analisa dampak RTRW terhadap isu strategis, penyusunan alternatif dan penyusunan rekomendasi untuk penyempurnaan RTRW.

"Kita baru saja bahas diskusi ini di Bappeda, dan mereka sangat mengharapkan agar kita memasukkan setiap usulan yang ada," kata Dendy saat menyampaikan sambutan usai penandatanganan Berita Acara hasil diskusi Pokja sekaligus penutupan kegiatan diskusi di Hotel Cendrawasih 66, Kamis (7/12).

Ia mengharapkan, agar apa yang sudah didiskusikan dalam Pokja tersebut dapat diusulkan dengan dimasukkan dalam pembahasan bersama Bappeda Mimika.

Sementara saat ditemui usai kegiatan, Kepala BLH Mimika, Limi Mokodompit mengatakan, diskusi yang dilaksanakan tersebut sangat penting bagi Kabupaten Mimika, terutama dalam mewujudkan program Go Adipura yang saat ini sedang menggaung.

"Tentu kami pemerintah akan mendukung setiap program yang telah diusulkan, ini merupakan salah satu dukungan juga untuk mewujudkan Go Adipura 2020 nanti," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah merancang beberapa program untuk mewujudkan program Adipura yang akan mulai diterpkan pada 2018 mendatang.

"Ini termasuk upaya kita membersihkan sampah di Mimika, dan pengelolaan tata ruang kita yang lebih hijau lagi," ujarnya.

Ia berharap hasil-hasil kajian yang sudah disepakati agar disampaikan kepada pimpinan, agar hal ini menjadi pemahaman bersama yang diwujudkan berdasarkan diskusi tersebut.

"Jadi nantinya semua bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita rencanakan bersama. Itulah fungsinya diskusi seperti ini," ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment