DPRD Kunjungi Asrama Mahasiswa Mimika di Manokwari yang Bermasalah

Bagikan Bagikan
Markus Timang, Anggota DPRD Mimika 

SAPA (TIMIKA) - Gabungan Komisi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika akan berkunjung ke Manokwari untuk melihat kondisi Asrama Mahasiswa. Hal ini dikarenakan, anggota DPRD menerima informasi asrama mahasiswa di daerah tersebut dalam permasalahan.

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Kabupaten Mimika Komisi A, Markus Timang saat ditemui Wartawan Salam Papua di Gedung DPRD Mimika jalan Cenderawasih Senin ( 4/12).

Ia mengatakan, dalam kunjungan ke Manokwari nantinya, selain mengunjungi asrama mahasiswa yang sedang bermasalah, juga akan melihat langsung kondisi mahasiswa yang berasal dari Timika yang terkena dampak permasalahan asrama tersebut.

“Akibat dari masalah ini, banyak mahasiswa Timika yang ada di Manokwari terlantar. Pemerintah harus melihat permasalahan ini, sehingga DPRD mengambil inisiatif untuk terjun langsung ke Manokwari,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan laporan dari mahasiswa, masalah yang terjadi di Asrama Mahasiswa itu adalah karena pembayaran yang belum dilakukan dalam 3 tahun berjalan. Hal tersebut membuat pemilik gedung melakukan pemalangan.

Ia menjelaskan, alasan Dewan melaksanakan perjalanan ke Manokwari, juga untuk mengetahui pihak mana yang mengelola asrama tersebut. Apakah Yayasan, Lembaga, atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas terkait?

“Jadi kita kan tidak tahu siapa yang urus, apakah Pemkab, Lembaga pengembangan Masyarakat lokal, atau dari Dinas? Untuk itulah kita (DPRD) harus turun melihat itu. Prosedur awal itu bagaimana dan siapa yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Ia menambahkan, DPRD  juga akan memastikan kejelasan informasi secara keseluruhan terkait seluk-beluk sehingga mahasiswa dari Timika akhirnya disekolahkan di Manokwari.

“Saat ini DPRD masih buta informasi terkait keberadaan mahasiswa asal Timika dan keberadaan asrama. Sehingga nanti, semuanya harus jelas, dan siapa yang bertanggung jawab,” tambahnya.
Anggota DPRD yang akan berangkat berjumlah 4 orang yang merupakan perwakilan dari Komisi A, B, dan C. Keberangkatan rencananya pada Selasa (5/12). Selain Anggota DPRD, para sekretariat dewan juga akan ikut dalam kunjungan ini.

Markus menegaskan, Pemkab Mimika harus serius melihat permasalahan ini. Karena sampai saat ini, ia menilai Pemkab terlihat tidak serius menangani hal tersebut.


“Dari laporan mahasiswa mereka keluar dari asrama dan mencari tempat kos atau kontrakan di daerah tersebut.  Pemerintah harus serius dalam menyelesaikan masalah Asrama ini,” tegasnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment