Enam Balon Bupati-Wabup Jalur Perseorangan Dinyatakan Lengkap

Bagikan Bagikan
Derek Motte, Komisioner Bidang Teknis KPU Mimika
SAPA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika menyatakan berkas dokumen dukungan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Mimika yang maju melalui jalur perseorangan enam dari sembilan balon dinyatakan lengkap.

Enam Balon perseorangan Bupati-Wabup yang berkas dukungannya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat adalah Hans Magal SP dengan Abdul Muis ST MM, Muspigai dengan Athanasius Allo Rafra, Robertus Waropea dengan Albert Bolang, Philipus B Wakerwa dengan H Basri, Maria Florida Kotorok dengan Yustus Way, dan Petrus Yanwarin dengan Alpius Edoway.

Sementara tiga Balon yang berkasnya dinyatakan tidak lengkap, yakni Longginus Kareyau ST dengan Muh Hasan Husen, Frengky Kambu SH dengan Drs Taslim Tahuteru, dan Karolus Tsunme dengan Rovina Sarvunin Pesurnay.

“Lengkap dalam arti, baik data yang dimasukkan dalam sistim informasi pencalonan (Silon), formulir B1 KWK I (Surat Dukungan Paslon Perseorangan dalam Pilgub dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati), B1 KWK kolektif, dan tiga rangkap dokumen penyerahan dukungan,” kata Komisioner Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote, saat dihubungi wartawan Salam Papua melalui telepon seluler, Kamis (30/11/17).

Ia menjelaskan, untuk rangkap tiga pada dokumen persyaratan dukungan, akan diberikan satu rangkap untuk KPUD, satu rangkap untuk PPD dan PPS dalam melakukan verifikasi faktual, dan satu rangkap untuk pasangan calon (Paslon).

“Ketentuan tiga rangkap ini sesuai dengan PKPU nomor 15 tahun 2017, bahwa kandidat perseorangan yang maju harus menyertakan tiga rangkap. Satu rangkap untuk KPUD, rangkap kedua untuk PPD dan PPS, dan untuk Paslon,” jelasnya.

Ia mengatakan, tiga Balon yang ditolak oleh Sistem Informasi Perseorangan (Silon) karena tidak tepat waktu, tidak melengkapi B1 KWK, dan tiga rangkap.

“Sampai tanggal dan jam yang ditentukan hal itu tidak dipenuhi. Maka kami KPUD dan Panwaslu Mimika membuat berita acara kepada tiga Balon tidak memenuhi syarat sesuai dengan Undang undang nomor 10  tahun 2016, PKPU nomor 15 tahun 2017, dan PKPU nomor 3 tahun 2017,” katanya.

Ia mengungkapkan, KPUD Mimika sudah bekerja sesuai aturan yang berlaku dan tidak di dasarkan pada kepentingan pribadi.

“Saya selaku Divisi Teknis KPUD Mimika bekerja sesuai aturan yang berlaku. Tidak atas kepentingan atau keinginan pribadi. Dan kami juga sudah melakukan pengumuman tentang penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan di media-media, satu bulan sebelumnya,” ungkapnya. (Tomy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment