Jalan Trans Timika-Nabire Tuntas Dikerjakan

Bagikan Bagikan
Jalan Trans Mimika-Nabire

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Satuan Kerja (Satker) Wilayah VI Timika, Provinsi Papua, Hartono ST., mengatakan pekerjaan jalan Trans Kabupaten Mimika ke Kabupaten Nabire telah tuntas dikerjakan hingga titik pertemuan antara kedua kabupaten itu. Proses pengerjaan hingga pada titik pertemuan tersebut berjalan lancar dengan pencapaian hasil yang memuaskan tanpa hambatan.

“Alhamdulillah sampai di titik pertemuan atau sambungan dari Timika dan Nabire itu tidak melenceng sedikit pun. Kita merasa puas karena memang proses pengerjaannya berjalan aman, meski harus membongkar medan-medan yang susah,” katanya di Halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mimika usai melaksanakan kegiatan perayaan HUT Bakti PU ke 72, Senin (4/12).

Menurutnya  pengerjaan badan jalan dengan jangkauan sepanjang 100  Kilo meter lebih  tersebut telah tuntas. Pada tahun 2018 mendatang akan tetap dilakukan proses pengerjaan pembenahan dan penurunan grade di beberapa titik. Penurunan grade yang akan  dilakukan menurut dia, untuk mencapai grade yang sesuai dengan standar grade  yang ditentukan secara nasional pembangunan jalan.

“Jalan Trans Timika Nabire ini merupakan salah satu pekerjaan dengan kapasitas besar di wilayah VI. Tapi ini suatu kabar gembira bagi kami karena tuntas hingga ke titik batasnya. Memang pekerjaan untuk penurunan grade masih tetap dikerjakan, karena pekerjaan grade itu harus sesuai dengan standar ke Puan nasional. Dan kalau grade belum sesuai standar maka belum bisa difungsikan,” katanya.

Selain penurunan grade, menurutnya  juga akan ada pembangunan lanjutan untuk jembatan Kali Kabur. Pembangunan Jembatan Kali Kabur dengan bobot pekejaan sepanjang 200 meter. Sedangkan untuk bangunan dasar jembatan sudah dikerjakan tuntas.

“Jangkauan yang kita kerjakan dari Timika hingga ke titik persambungan itu sepanjang 74 Km. Sedangkan yang dikerjakan dari Nabire itu 3o lebih. Itu berarti seratusan lebih.  Jangka waktu  pekerjaan ini sekitar 5 tahun lebih. Tapi selama saya menjabat sudah menghabiskan 3 tahun,” ujarnya.

Dia mengakui  jika pembenahan grade dan pengerjaan jembatan tersebut selesai dikerjakan, maka akan dilanjutkan dengan tes ringroad. Uji coba  ringroad  menurut dia akan ditentukan terlebih dahulu, baik dari Timika atau akan dimulai dari Nabire.

Kemudian, dia menjelaskan, berhubung pembangunan jalan trans tersebut bukan merupakan full Hotmix, maka akan dilakukan pemeliharaan secara rutin agar tetap bisa difungsi.


“2018 nanti kami targetkan pekerjaan jembatan dan grade jalan ini harus tuntas dilakukan. Untuk teman-teman dari Nabire juga melaporkan ada penurunan grade, tapi mereka tidak ada lagi pekerjaan jembatannya,” katanya.  (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment