Jumat Depan Berkas Dua WN Myanmar Diserahkan ke Pengadilan

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA)  - Kepala Seksi Pidana Umum (Kadipidum) Joice Evelin Mariai, SH mengatakan, Jumat depan (14/12) berkas perkara Dua Warga Negara Myanmar akan diserahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kajari) Timika ke Pengadilan Negeri (PN) Timika untuk memulai proses persidangan. Sebab batas akhir memasukkan berkas ke PN Timika pada Jumat depan.

“Berkas perkara dua warga negara asing akan diserahkan ke pengadilan pada hari Jumat depan,” kata Joice saat ditemui wartawan Salam Papua di kantor PN Timika di jalan Yos Soedarso, Selasa (5/12).
 
Berkas dua WNI Myanmar diserahkan ke Pengadilan
Menurutnya, batas waktu penyerahan berkas ke PN Timika hingga hari Jumat depan atau pertengahan bulan, sebab sudah menjelang hari libur akhir tahun.

“Pengadilan batas menerima berkas hari Jumat depan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kedua WN Myanmar tersebut dikenakan sanksi undang-undang Imigrasi. Sebab mereka tidak memiliki ijin tinggal di Indonesia, namun telah masuk ke Indonesia secara illegal.

“Kedua warga negara asing yaitu melanggar undang-undang imigrasi. Artinya mereka tidak memiliki izin tinggal di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu berkaitan dengan nasib kedua WN Myanmar tersebut, kata Joice, pihak Imigrasi telah berkoordinasi dengan kedua WN Myanmar tersebut untuk menyampaikan hal terkait keberadaan mereka di Timika. Ke depan kemungkinan mereka akan dinaturalisasi menjadi WNI mengingat kedua WN Myanmar tersebut telah berkeluarga dengan perempuan Indonesia.


“Kemarin kami juga sudah koordinasi dengan pihak imigrasi power, nanti yang bersangkutan menyurat ke kedutaan besar Myanmar. Cuma sesuai dengan penjelasan kedua warga negara itu mereka keberatan untuk kembali ke Myanmar karena sudah berkeluarga,” katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment