Kapolda Ajak Warga Papua Berdemokrasi Damai

Bagikan Bagikan

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat mendampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mimika.



SAPA (TIMIKA) - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah itu agar mempraktikan demokrasi yang damai tanpa konflik saat penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

Dihubungi Antara dari Timika, Kamis (28/12), Kapolda Papua Boy Rafli mengatakan tahun 2018 Provinsi Papua akan menggelar Pilkada untuk memilih Gubernur-Wakil Gubernur periode 2018-2023.

Pesta demokrasi serupa juga akan digelar pada tujuh kabupaten di Provinsi Papua.

"Kita selalu mengajak semua pihak agar berdemokrasi dengan suasana penuh damai dan demokratis. Upaya-upaya preentif sudah kita jalankan di seluruh kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2018," jelas Boy Rafli.

Mantan Kadiv Humas Polri itu mengatakan pengamanan fisik dengan melibatkan aparat kepolisian terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 hingga kini belum dilakukan.

Rangkaian terpadat pengamanan Pilkada serentak baru akan dimulai saat pendaftaran pasangan calon hingga penetapan pasangan calon oleh KPU Provinsi Papua maupun KPU kabupaten yang menyelenggarakan hajatan demokrasi langsung itu.

"Sekarang kita lihat dinamikanya sudah mulai berjalan di KPU masing-masing daerah. Kami bermohon agar semua pihak yang akan terlibat langsung dalam Pilkada agar terus mengupayakan terciptanya suasana yang damai dan demokratis sebab pelaksana utama dari berdemokrasi langsung ini yaitu masyarakat sendiri dengan penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu/Panwaslu," jelas Boy Rafli.

Sementara itu Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon mengharapkan agar seluruh lapisan warga Mimika ikut menjaga suasana kamtibmas terutama menyongsong penyelenggaraan Pilkada serentak 2018.

Kabupaten Mimika merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Papua yang menyelenggarakan hajatan Pilkada serentak 2018.

"Kalau dikatakan bahwa Mimika termasuk salah satu daerah yang rawan dua Pilkada serentak 2018, maka mari seluruh komponen masyarakat Mimika kita bertekad menjadikan Pilkada Mimika sebagai yang teraman di seluruh Papua maupun Indonesia," ajak Victor.

Polres Mimika dibantu TNI dan Brimob Batalyon B Polda Papua telah menyiapkan rencana pengamanan Pilkada Mimika 2018.

Guna mendukung penyelenggaraan Pilkada damai di Mimika, demikian Victor, ke depan akan terus dibangun dialog yang melibatkan seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, dan para pemangku kepentingan lainnya di wilayah itu.

"Kami juga akan melakukan pengamanan di Kantor KPU, Panwaslu maupun pengamanan yang melekat pada personel komisioner KPU dan Panwaslu. Kami akan terus duduk bersama untuk merencanakan hal-hal terbaik yang akan kita lakukan. Sebab dengan perencanaan yang baik maka kita akan menghasilkan penyelenggaraan pesta demokrasi yang baik pula," kata Victor. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment