Pasar Mapurujaya Akan Dipercantik Tahun 2018

Bagikan Bagikan
SAPA(TIMIKA) - Kepala Dinas Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Mimika, Bernadus Songbes mengatakan, Disperindag telah menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk mempercantik pasar Mapurujaya yang hingga kini belum dapat difungsikan. 
Bernadus Songbes, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mimika
“Untuk pasar Mapurujaya kita sudah anggarakan hampir RP 1 Miliar di tahun 2018. Mudah-mudahan mereka tidak coret. Anggaran sebesar Rp 1miliar ini untuk pembersihan, penimbunan, pemasangan listrik dan lain-lain,” kata Kadisperindag kepada wartawan Salam Papua di Kantor Disperindag Jalan Poros SP5, Rabu (6/12).

Dirinya telah berkoordinasi dengan kepala distrik Mimika Timur agar pasar tersebut diaktifkan. Karena para pedagang sudah siap untuk masuk berjualan di pasar tersebut.

“Nanti setelah pasar tersebut sudah siap untuk dipakai, maka kita akan MoU dengan pihak distrik, supaya pihak distrik yang kelola,” ujarnya.

Selain pasar di Mapurujaya, kata Songbes, juga pasar yang terletak di Kamoro Jaya SP 1 akan diperbaiki. Supaya mama-mama yang berjualan di pinggir jalan mulai Januari 2018 sudah bisa direlokasi ke tempat yang lebih nyaman.

“Saya pastikan bulan Januari dorang sudah jualan di pasar yang kita sudah bangun.  Sedangkan  mereka yang masih nekat  berjualan di jalan nanti kita minta bantu dari  POL PP untuk bersihkan semua. Tidak boleh lagi jual di jalan. Dan pengelolaan juga diserahkan ke pihak distrik maupun kelurahan yang kelola,” katanya.

Sementara untuk blok A1 pasar sentral yang sampai saat ini belum difungsikan oleh para pedagang secara maksimal, menurut dia, Disperindag telah bersurat sebanyak dua kali kepada para pedagang untuk menempati pasar blok A1. Tetapi sampai saat ini hanya sekitar 40-50 orang. Sedangkan sebagian belum ditempati oleh perdagangan dengan alasan sepih pembeli.

“Jadi kita sudah bersurat dua kali tetapi sampai hari ini masih ada yang tidak mau menempati pasar yang ada,” ujarnya. (Albin) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment