Pelabuhan SAR Timika Dibangun Tahun Depan

Bagikan Bagikan
Monce Brury

SAPA (TIMIKA) – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury menyambut baik pembangunan pelabuhan permanen oleh Basarnas pusat pada tahun depan. Pelabuhan tersebut guna menunjang tugas operasi SAR di wilayah perairan Mimika dan Kabupaten-Kabupaten tetangga.

“Tahun depan kita akan buat Dermaga baru di kawasan pelabuhan Poumako. Dan mudah-mudahan dalam tahun besok juga sudah rampung,” kata Monce Brury saat ditemui wartawan Salam Papua di ruang kerjanya di jalan Yos Soedarso, kamis (7/12).

Ia mengakui, saat ini Kantor SAR Timika telah memiliki pelabuhan di Paomako, namun pelabuhan tersebut bersifat sementara karena hanya terbuat dari kayu. Oleh sebab itu dengan adanya pembangunan baru berbahan dasar beton dinilainya sangat baik.

“Sekarang ini memang dermaganya sudah ada cuma menggunakan kayu jadi tahun depan kita rubah ke beton,” ujarnya.

Sementara itu ketika disinggung mengenai status tanah, Brury menjelaskan, saat ini SAR Timika telah memiliki sertifikat tanah dan sudah dilakukan pelepasan tanah adat oleh warga setempat. Sehingga dalam proses pembangunan pelabuhan nanti tidak terkendala dari sisi status tanah.

Sementara itu, pembangunan pelabuhan tersebut diperkirakan lebarnya 50 meter, ditambah dengan jalan masuk dari jalan ke pelabuhan sekitar 25 meter.

“Rencananya 50 meter lebarnya. Kemudian dari akses jalan masuk sampai ke dermaga kurang lebih 25 meter. Kalau untuk masalah tanah saat ini kita punya sertifikat hak milik pelepasan adat,” jelasnya. (Ricky Lodar) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment