PPD dan PPS Mulai Verifikasi Faktual

Bagikan Bagikan
PPD dan PPS sudah mulai melakukan verifikasi faktual
SAPA (TIMIKA) -Sejak di lantik pada 5 Desember 2017 lalu, kini 546 peserta yang terdiri dari anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) sebanyak 90 orang dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 456 mulai bekerja melakukan verifikasi faktual.

PPD dan PPS mulai mengambil berita acara di Kantor KPU Mimika, Jumat (22/12), sebagai pegangan untuk melakukan verifikasi faktual. Adapun berita acara yang di ambil oleh masing-masing petugas PPD dan PPS adalah dokumen BA2-KWK. BA2-KWK berisi berita acara hasil verifikasi administrasi terhadap kesesuaian data pendukung dengan pernyataan dukungan untuk agenda Pemilukada serentak 2018 di Mimika.

Selanjutnya, dokumen BA3-KWK mengenai verifikasi administrasi pada kesesuaian data pendukung dengan daftar pemilih tetap dan atau daftar peserta perseorangan, dan dokumen BA4-KWK tentang berita acara hasil verifikasi dugaan kegandaan dukungan pasangan calon perseorangan dalam agenda pemilukada.

“Sesuai dengan aturan, kami sudah melakukan beberapa tahapan verifikasi, yakni verifikasi jumlah minimal dukungan dan persebaran, dan verifikasi administrasi. Sehingga selanjutnya adalah verifikasi faktual yang akan dijalankan oleh PPD dan PPS,” jelas Komisioner KPU Mimika, Derek Mote, Jumat (22/12), di Kantor KPU Mimika, Jalan Yos Sudarso.

Derek mengatakan semua anggota PPD dan PPS akan bekerja sesuai dengan penempatan mereka dan di sebar ke 18 distrik yang ada di Kabupaten Mimika.

“Untuk dukungan pada enam pasangan calon (Paslon) yang sudah mendaftar memang tersebar di 18 distrik, namun yang lebih dominan adalah di area Disrik Miru (Mimika Baru) dan Wania. Namun untuk distrik lainnya pendukungnya hanya sedikit, bahkan untuk wilayah gunung dan pesisir ada yang hanya lima pendukung saja,” katanya.

Verifikasi faktual akan dilakukan selama kurang lebih tiga hari. Karenakan pada tanggal 25 Desember nanti secara nasional sudah harus rampung, dalam hal ini dilakukan rekapitulasi, ia berharap proses verifikasi faktual dapat berjalan baik dan segera terselesaikan.

“Tahapannya agak terlambat karena kami ada kegiatan di Jayapura mengenai rapat koordinasi antara tujuh kabupaten yang melaksanakan Pemilukada dengan Polda, Pangdam dan Panwaslu,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment