Puskesmas Timika Jaya di Survei untuk Akreditasi

Bagikan Bagikan
dr. Moses Untung, Kepala Puskesmas Timika

SAPA (TIMIKA) - Kenaikan status Puskesmas Timika Jaya menjadi salah satu puskesmas terakreditasi di Kabupaten Mimika, saat ini dalam proses survei yang dilakukan tim survei dari lembaga independen. Setelah proses itu dilalui, Puskesmas Timika Jaya akan mendapatkan pengakuan bahwa pelayanan yang ada di puskesmas dinilai sudah sesuai standar atau yang semestinya.

"Saat ini (Kemarin-Red) sedang dilakukan survei oleh tim. Survei akan dilakukan selama tiga hari. Di Mimika ada dua puskesmas yang dilakukan proses akreditasi, yakni Timika Jaya dan Timika. Pengakuan akan ditandai dengan sertifikat pengakuan akreditasi," kata Kepala Puskesmas Timika Jaya, dr Moses Untung saat ditemui di kantornya, Kamis (7/12).

Proses kenaikan status ini menurut dr Moses dilakukan dalam dua tahap, yaitu A -1 sebagai tahapan pengenalan bagi puskesmas calon terakreditasi, serta tahapan pelaksanaan survei yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.

Tim survei yang dipilih komisi akreditasi dari beberapa tempat yang berbeda, seperti Unit Kesehatan Masyarakat (UKM) dari Nusa Tenggara Timur (NTT), perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan perwakilan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dari Sulawesi Tengah.

Status akreditasi pada puskesmas, menurutnya sangat penting untuk menjadi salah satu syarat agar pelayanan pada suatu puskesmas bisa menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

Diakuinya, meski standar pelayanan Puskesmas Timika Jaya tergolong memadai bagi masyarakat, namun belum dapat dipastikan apakah diakreditasi atau tidak. Selain pihak puskesmas, tim survei pun tidak bisa memutuskan status akreditasi itu, mereka pun hanya melakukan survei.

"Kita tidak bisa pastikan atau berkomit bahwa kita bisa akreditasi. Tim survei hanya sebagai perpanjangan tangan dari lembaga komisi penentu di pusat. Tim survei hanya menilai standar-standar temuan lapangan dan akan membawa hasil survei ke komisi untuk bisa menetapkan bisa di akreditasi atau tidak, tuturnya.

Untuk mendapat status akreditasi, suatu puskesmas harus memenuhi tiga standar terbesar, salah satunya standar administrasi dan manajemen kepemimpinan yang telah memenuhi standar. Selain itu, program peningkatan derajat kesehatan bagi masyarakat harus terpenuhi, termasuk perhatian kebutuhan masyarakat.

Untuk mengetahui hasil survei, itu tidak bisa dipastikan. Tapi yang jelas butuh waktu yang cukup lama untuk kemudian hasil penilaian dikeluarkan. Harapan kami adalah agar status Puskesmas Timika Jaya bisa terakreditasi," katanya. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment