SAR Cari Dua Longboat Hilang di Fakafuku

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Kepala Seksi Operasi pada Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Syahril, SE mengatakan, tim pencarian telah diberangkatkan ke lokasi Fakafuku Distrik Agimuga untuk melakukan pencarian terhadap dua longboat yang dinyatakan hilang kontak pada tanggal 30 November lalu oleh rekan-rekan mereka. 
Syahril, Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika
“Kejadian tanggal 30 November itu informasinya mereka ada tiga perahu cari ikan, terus ada dua perahu susun yang masuk ke jalur Agimuga dua. Sedangkan satu perahu lainnya bertahan di luar dan menunggu. Karena factor keamanan jadi mereka tidak bisa mengikuti dua perahu itu,” kata Syahril saat menjelaskan kronologis hilangnya dua longboat di Distrik Agimuga saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor SAR Timika, Rabu (6/12).

Menurt Syahril, dua longboat tersebut telah hilang kontak sudah hampir seminggu, setelah mendapat informasi dari salah seorang warga. Tim SAR Timika merespon kejadian tersebut. Namun karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat membuat tim kembali ke pangkalan di Paomako. Rencananya pada Kamis (7/12) pagi, tim SAR diberangkatkan menggunakan kapal milik SAR dengan membawa perlengkapan pencarian, bahan makanan untuk melakukan pencarian, nantinya tim akan membuat posko di Kampung Otakwa.

“Kami bergerak dari sore, kapal kita ke luar rencana mau droping mereka di Kampung Otakwa tapi karena cuaca tidak mendukung, akhirnya tim kembali dan kita atur rencana untuk besok pagi (hari ini-red) berangkat,” kata Syahril.

Untuk lokasi pencarian, jelas Syahril, tim SAR masih memfokuskan pencarian di lokasi muara 2 yang menghubungkan dengan Agimuga. Namun karena kondisi sungai yang terdapat banyar ranting kayu membuat tim harus menggunakan dua perahu karet untuk menyusuri sungai tersebut.

Sementara itu terkait keterlibatan pihak Kepolisian dan TNI, Syharil menjelaskan, pihak Polair memutuskan untuk kembali dalam misi pencarian, sedangkan tim TNI-AL belum ada informasi bantuan dari Danlanal terkait jumlah personil TNI-AL yang terlibat dalam pencarian tersebut. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment