SAR Wilayah Papua dan Papua Barat Dapat 1 Helikopter

Bagikan Bagikan
Monce Brury

SAPA (TIMIKA) – Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury mengatakan, sesuai dengan pernyataan Kadisops Basarnas wilayah Papua dan Papua Barat yang akan mendapatkan 1 unit Helikopter operasi untuk menunjang tugas operasi SAR ketika melakukan misi penyelamatan,  yang homebase-nya di Biak.

“Untuk penambahan alutsista sejauh ini belum ada karena semua tergantung dari pusat. Cuma kunjungan kerja Kadisops Basarnas menegaskan akan menempatkan 1 helikopter SAR untuk wilayah Papua dan Papua Barat yang bermarkas di Biak,” kata Monce Brury saat ditemui wartawan Salam Papua di kantor SAR TImika, jalan Yos Soedarso, Kamis (7/12).

Ia menjelaskan, nantinya helikopter tersebut akan membantu tugas SAR di wilayah Papua dan Papua Barat meliputi Biak, Jayapura, Mimika, Merauke, Sorong dan Manokwari. Tidak menutup kemungkinan di Kabupaten lain yang meminta bantuan pencarian akan menggunakan helikopter tersebut.

“Nanti helikopter itu akan mobilisasi mulai dari Biak, Merauke, Jayapura, Mimika, Sorong dan Manokwari. Helikopter itu diperuntukkan untuk operasi SAR yang ada di wilayah Papua dan Papua Barat,” jelas Brury.

Menurutnya, selama ini pengadaan helikopter untuk SAR hanya difokuskan pada wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah, sedangkan di Indonesia Timur belum ada.

“Selama ini kita yang ada di wilayah Papua dan Papua Barat belum memiliki helikopter,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan pengadaan helikopter untuk SAR di wilayah Papua dan Papua Barat kiranya bisa membantu tugas SAR yang kondisi wilayahnya lebih ekstrim dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan bantuan helikopter itu kiranya bisa membantu tugas Basarnas dalam melakukan evakuasi dan melakukan pencarian,” harapnya. (Ricky Lodar) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment